Penguatan Bidang Kominfo di Kabupaten Barito Utara

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 30 April 2019 23:09, Dibaca 500 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. Herson B. Aden menyampaikan bahwa Diskominfo merupakan perangkat daerah yang baru. Harus selalu ada kemauan untuk belajar walaupun tidak mempunyai latar belakang IT.

"Saya tidak ada latar belakang IT maupun teknologi, namun karena hobi, saya terus belajar", ucap Herson B. Aden saat bersillaturahmi dengan sejumlah Pejabat dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten di Kalteng, di Rumah Makan Asyfa, Selasa (30/4).

(Baca Juga : Desk Pilkada Prov. Kalteng Tinjau Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gunung Mas)

"Dimulai dari bidang persandian, SKPD sekarang tidak hanya surat digital namun tentang cyber. Kita akan mengurus jaringan dan keamanan informasi, termasuk sampai tanda tangan digital. Ketika ini tidak dipublish secara benar, staf harus kuat. Saat bicara persandian itu luas sekali, harus ada keamanan cyber. Kita angkat pelan-pelan. Ini harus tertata dengan data center dan beberapa aplikasi e-goverment. Target 2020 kita tuntaskan. Anggarkan serta diklat kawan-kawan yang berpotensi, harus ada basic disitu", lanjutnya.


"Kemudian bidang IKP, kita ini masih mencari jati diri karna dinas baru. Berapa produksi yang dapat kita ekspos ke publik? Kita harus tingkatkan. Punya website maupun media sendiri milik pemerintah. Kita di Provinsi sudah punya multimedia center, yang kita liput itu nanti menjadi rujukan bagi wartawan. Kita harus aktif isi berita pemberitaan. Minimal kita punya satu unggulan. Saya perkuat IKP. Kita perkuat media", ucap Herson B. Aden.

Kadis Kominfo Kalteng menyampaikan bahwa bidang informasi publik harus memperkuat PPID, daftar informasi publik harus benar dan terus dilakukan, tidak boleh ada rahasia karena ini berkaitan dengan informasi publik, harus digerakkan bersama seluruh SKPD untuk meng input data.

"Kemudian bidang e-goverment, ada beberapa aplikasi yang telah dibuat. Ayo kita sama2 gunakan. Kadang pimpinan kita tidak mengerti teknologi tapi disitulah tugas kita untuk membuat aplikasi secara mudah dan terarah dengan benar. Kita punya CCTV kita gunakan secara bijaksana. Kota ada 60 titik.", ujar Herson B. Aden saat menjelaskan mengenai bidang e-government.


"Saya ingin memulai dan bertahap teman-teman di Kabupaten/kota seperti juga di bidang Statistik. Kita punya data sektoral, hampir sama dengan PPID, SKPD harus ada data yang ditampilkan. Kita minta tampilkan untuk publik secara terbuka. Itu juga berlaku untuk potensi daerah tiap kabupaten/kota di Kalimantan Tengah yang kita miliki. Data semua pelan-pelan kita sempurnakan dan perkuat", lanjutnya.

"Terakhir, semoga Dinas Kominfo yang kita banggakan ini akan terus maju, kita bersama menuju Kalteng Berkah", tutup Herson B. Aden. (YDS/Foto:YDS)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook