Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran Ajak Promosi Produk Melalui E-Commerce Dekranasda

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Oktober 2021 07:56, Dibaca 91 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran kunjungi UMKM Pengrajin kerupuk dan amplang Hj. Aluh Anga yang berada di Jalan Cakra Adiwijaya, Kelurahan Mendawai, Kabupaten Sukamara, Rabu (13/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua TP-PKK Kalteng berdialog dengan pelaku usaha untuk mengetahui kendala yang dialami semenjak pandemi Covid-19, baik dari sisi pemasaran maupun produksi. Saat berdialog, mereka mengaku pandemi berimbas pada penurunan produksi. Pada kesempatan tersebut, Ivo juga melihat secara langsung proses produksi kerupuk dan amplang.

(Baca Juga : Juara Lomba Festival Seni & Qasidah Diharapkan Raih Hasil Maksimal di Tingkat Nasional)

“Saya kan ingin mendengarkan langsung dari pelaku UMKM, kendala apa saja yang dirasakan saat pandemi. Disampaikan bahwa sejak pandemi untuk produksi menurun”, ucap Ivo.

Ivo Sugianto Sabran mengatakan siap untuk membantu produksinya melalui pemasaran online. “Produksinya akan kita bantu dengan pemasaran online”, imbuhnya.

Lebih lanjut Ivo menjelaskan, guna mendukung pengrajin Kalteng dalam mempromosikan dan memasarkan produk-produknya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng telah memiliki aplikasi e-commerce.

“Dekranasda Kalteng memiliki e-commerce, jadi tidak hanya memasarkan tetapi juga bisa berjualan”, tambahnya.

Ivo juga mengutarakan kedepannya akan membantu mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). HKI didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI, seperti UU Hak Cipta, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, Varitas Tanaman, Sirkuit terpadu dan Merek serta telah disahkan.

“Kedepannya kita akan bantu untuk HKI atau Hak Kekayaan Intelektual supaya dipatenkan untuk menjadi produk khas Sukamara yaitu kerupuk basah khas Sukamara dan itu gratis karena memang merupakan program dari Pemerintah Provinsi”, tandas Ivo.(Wdy/foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook