Tim Kemenkopolhukam Lakukan Monitoring Lapas High Risk di Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 April 2019 14:57, Dibaca 363 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Kemenkopolhukam kunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Bertempat di Ruang Kerjanya, Kepala Kantor Wilayah, Juliasman Purba didampingi Kepala Divisi Administrasi, Sucipto menyambut baik kedatangan Tim Kemenkopolhukam. Senin (15/4).

Tim Kemenkopolhukam yang beranggotakan Baringin Sianturi (Asisten Deputi Koordinasi Penegakan Hukum), Mei Abeto Harahap (Kepala Bidang Penyelesaian Kasus Hukum) dan L. Zia Rahman Ghozali (Analis Polhukam Bidang Penyelesaian Kasus Hukum) berkunjung ke Kantor Wilayah dalam rangka pembangunan Lapas High Risk sebagaimana Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Tahun 2017, salah satunya adalah Lapas Khusus Narkotika Kelas III Kasongan yang berada di Kabupaten Katingan.

(Baca Juga : Calon Jemaah Haji Kabupaten Barito Utara Diberikan Penyuluhan Tentang Informasi Keimigrasian)


Adapun klasifikasi lapas high risk atau lapas pengawasan sangat ketat ialah Penempatan satu orang satu kamar, Pembinaan dalam kamar, Berada di kamar selama 23 jam, Kunjungan sangat terbatas. Pembinaan tetap dilakukan dengan berdasarkan Sistem Pemasyarakatan, namun dengan pendekatan berbeda dengan narapidana golongan non-high risk.


Bila narapidana biasa diterapkan metode pembinaan mass approach dan individual approach, di lapas high risk hanya diterapkan pembinaan individual approach. Narapidana high risk tetap diberi kebebasan beribadah, konseling, olahraga, dan hak-hak yang telah ditentukan lainnya sesuai dengan peraturan perundangan.

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook