Plh Sekda : Berkoordinasi Untuk Menjaga Kecukupan Stok Barang Pokok, Keamanan dan Kelancaran Arus Distribusi Barang

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 11 April 2019 12:31, Dibaca 550 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Datangnya hari besar keagamaan selalu diiringi dengan terjadinya peningkatan permintaan terhadap beberapa komoditas bahan pokok, hal ini sangat berpengaruh terhadap tingginya inflasi. "Untuk kita ketahui bersama, bahwa inflasi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk bulan maret 2019 tercatat mengalami deflasi 0,02% (mtm) sedikit meningkat dari bulan februari 2019 yang mengalami deflasi 0,18% sedangkan nasional untuk bulan maret 2019 0,11% (mtm)", ucap Drs. H. Nurul Edy, M.Si saat membacakan sambutan Plh. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng.

"Pada kesempatan ini saya minta kepada Kepala Dinas/Instansi terkait, baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar selalu berkoordinasi, untuk menjaga kecukupan stok barang pokok, keamanan dan kelancaran arus distribusi barang", ujar Nurul Edy dihadapan peserta Rapat Koordinasi (Rakor).

(Baca Juga : Gubernur Kalimantan Tengah Hadiri Temu Ramah Bersama Siswa-Siswi SMA se-Kabupaten Seruyan)

Mengingat barang kebutuhan pokok di Kalteng sebagian besar dipasok dari luar daerah, "kondisi yang perlu dilakukan antisipasi adalah kepadatan arus lalu lintas jalan yang seringkali menimbulkan terlambatnya pasokan sampai didaerah tujuan dan menipisnya persediaan/stok pada tingkat agen, distributor, dan pedagang besar", ucap Nurul Edy.

"Untuk itu kepada pelaku usaha dapat mengantisipasi, dan jika ada hambatan dalam arus distribusi agar segera memberitahukan dan berkoordinasi dengan Dinas/Instansi terkait. Saya menghimbau kepada pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan diluar dari kewajaran. Untuk itu kepada semua pemerintah Kabupaten/Kota dapat mewaspadai hal ini", lanjut Nurul Edy.

"Disamping itu kepada Bupati/Walikota melalui dinas yang membidangi perdagangan Kabupaten/Kota agar mengaktifkan fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan  melaksanakan pasar murah pada saat menjelang hari raya Idul Fitri", ucap Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Prov. Kalteng ini.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka menjaga ketersediaan stok/pasokan dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok menghadapi puasa dan lebaran tahun 2019/1440 H, bertempat di Aquarius Boutique Hotel, jalan Imam Bonjol, Kamis (11/4).

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook