Debat Publik Tahap Ketiga Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Desember 2020 22:20, Dibaca 917 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dua pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti debat publik tahap ketiga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, bertempat di Studio LPP TVRI Kalteng di Palangka Raya, Rabu malam (02/12/2020). Debat publik ketiga kali ini menghadirkan Paslon nomor urut 1 Ben Brahim S. Bahat - H. Ujang Iskandar dan Calon Wakil Gubernur nomor urut 2  H. Edy Pratowo. Pada kesempatan tersebut, calon Gubernur nomor urut 2 H. Sugianto Sabran berhalangan hadir dikarenakan masih dalam masa pemulihan kesehatan dan telah melampirkan dan menyertakan surat keterangan resmi kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Turut hadir Ketua KPU Prov. Kalteng H. Harmain Ibrohim beserta jajaran Komisioner, Ketua Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu) Prov. Kalteng Satriadi beserta jajaran Komisioner dan Tim Panelis/Tim Penyusun Materi. Debat dipandu oleh Presenter TVRI Herdina Suherdi selaku Moderator.

(Baca Juga : Perhelatan Hari Museum Nasional 2018 ke III resmi ditutup)

Tema dalam debat publik tahap ketiga yakni Reformasi Birokrasi, Penegakan Hukum dan Kualitas Pelayanan Publik Kalimantan Tengah. Debat publik malam hari ini, pertanyaan dan soal-soal yang akan diajukan telah dirumuskan dan juga disusun oleh tim panelis/tim penyusun materi sesuai dengan latar belakang dan juga kepakarannya.  Acara ini disiarkan langsung melalui Lembaga Penyiaran Publik yakni TVRI Kalimantan Tengah dan RRI Palangka Raya.

Tim penyususn materi Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020 diantaranya Bidang Kepakaran Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Institusi Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc, Bidang Kepakaran Bidang Sosial Politik, Institusi Universitas Palangka Raya Dr. John Retei Alfrisandy, S.Sos., M.Si, Bidang Kepakaran S.3 Ilmu Hukum, Institusi IAIN Palangka Raya Dr. Sadiani, M.H., Bidang Kepakaran Bidang Sosial Politik, Institusi UMP Palangka Raya Farid Zaky Yopiannor, S.Sos.,M.Si dan Bidang Kepakaran Manajemen Pendidikan, Institusi IAHN Palangka Raya Dr. Pranata, S.Pd., M.Si.

Rangkaian debat ketiga diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua KPU Prov. Kalteng H. Harmain Ibrohim. Dalam sambutannya H. Harmain Ibrohim menyampaikan sesuai dengan tema debat publik ketiga saat ini, paslon nomor urut 1 dan 2 akan menyampaikan visi dan misi dan program serta adu gagasan dan argumen dan tentunya dengan cara yang terbaik. Dari masing-masing paslon tentang Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum serta kiat, usaha dan program dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk masyarakat Kalteng.

“Dari debat publik ketiga saat ini, kita bersama-sama mengharapkan masyarakat akan semakin memantapkan dan meyakinkan pilihan mereka untuk menentukan pilihan pada hari pemungutan suara rabu, 09 Desember 2020 nanti”, tutur H. Harmain Ibrohim.

H. Harmain Ibrohim mengingatkan kepada paslon dan tim kampanye, bahwa tahapan kampanye akan berakhir dalam waktu dekat dan akan memasuki masa tenang yaitu 3 hari sebelum pemungutan suara tanggal 6-8 Desember 2020. H. Harmain Ibrohim meminta kepada tim kampanye untuk membersihkan alat peraga kampanye yang terpasang disejumlah ruas jalan dan APK lainnya.

Debat publik kali ini terdiri dari 6 Segmen, yakni pada segmen 1, Paslon menyampaikan Visi dan Misi. Waktu yang diberikan untuk kedua Paslon dalam menyampaikan Visi dan Misi masing-masing berdurasi 2 Menit 30 Detik.

Pada Segmen 2, masing-masing Paslon menyampaikan terkait pendalaman Visi Misi dan Program. Segmen 3, Paslon menanggapi soal studi kasus terkait isu-isu permasalahan aktual yang terjadi dimasyarakat Kalteng.

Segmen 4, Debat antar Pasangan calon terkait isu-isu aktual yang terjadi di masyarakat. Segmen 5, debat terbuka antar Paslon terkait tema Reformasi Birokrasi, Penegakan Hukum dan Kualitas Pelayanan Publik di Kalteng dan segmen 6, para pasangan calon menyampaikan pernyataan penutup atau closing statement. Durasi yang diberikan kepada kedua Paslon dalam hal menyampaikan maupun menanggapi sama durasinya.

Rangkaian acara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri. Seluruh rangkaian acara debat diikuti sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook