Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

Kontribusi dari Iin Carolina, 12 Maret 2019 07:09, Dibaca 49 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Masyarakat ‘Kota Cantik’ Palangka Raya diminta dapat cerdas dalam memanfaatkan obat sesuai dengan fungsinya.

Harapan tersebut adalah point penting dari kegiatan dengan tajuk “Germas” cerdas gunakan obat, yang digagas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Senin (11/3/2019), di Aula Gedung Batang Garing Palangka Raya.

(Baca Juga : Upaya Pemkab Menangani Dampak Banjir di Tiga Kecamatan Wilayah Kabupaten Pulang Pisau)

Plt. Kepala Dinkes Kota Palangka Raya, dr. Andjar H. Purnomo, mengatakan, masyarakat harus bisa memahami bagaimana cara menggunakan obat yang benar dalam peruntukannya sebagai pengurang rasa sakit dari berbagai penyakit.

“Ya. tidak sedikit masyarakat yang mengobati diri sendiri tanpa anjuran resep, ataupun dosis yang tepat dari ahlinya,” ucapnya.

Penggunaan obat yang tidak cerdas dimasyarakat inilah kata Andjar, mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, dengan mendorong bagaimana masyarakat untuk meminum obat sesuai dosis tidak kurang dan sesuai yang dianjurkan.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi yang tepat, benar, bahwa menggunakan obat harus sesuai resep dokter. Jadi tidak boleh memutuskan diri sendiri,” cetusnya.

Agustinawati yang merupakan ketua panitia kegiatan itu menjelaskan, bahwa peran dari apoteker sangat penting dalam mengingatkan masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan obat.

“Penggunaan obat yang salah tanpa melalui resep masih cukup tinggi terjadi di Indonesia,” bebernya. (MC. Isen Mulang.)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook