Pelatihan Kompetensi Bidang Kontruksi WBP Lapas Palangka Raya Membuahkan Hasil

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 27 Februari 2019 15:16, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng – Pelatihan Kompetensi Bidang Kontruksi bagi 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Palangka Raya bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah serta Jasa Kontruksi Wilayah V Banjarmasin pada pertengahan Februari yang lalu secara perlahan sudah membuahkan hasil.

Hal ini diketahui saat Humas Kantor Wilayah terjun langsung ke Lapas Palangka Raya pada Selasa (26/02) guna melihat hasil apa yang telah dikerjakan dari kerjasama pelatihan tersebut.

(Baca Juga : Keakraban Jalin Sinergitas Dalam Pelaksanaan Tugas)

Dari hasil peliputan yang dilakukan, ada beberapa praktek pekerjaan kontruksi yang dilakukan para peserta pelatihan diantaranya kegiatan pertukangan kayu, pembuatan gazebo, pembuatan dan penataan taman, serta pengecoran jalan. Hal ini pun dijelaskan secara lengkap oleh Kepala Lapas Kelas II A Palangka Raya yang diwakili oleh Kasi Kegiatan Kerja Eka Prayitno.

Selama 3 (tiga) hari mendapat pelatihan dari intruktur terlatih yakni 1 hari pemberian materi dan dua harinya praktek, para WBP kita sangat antusias mengikuti semua apa yang telah disampaikan. Karena dua hari praktek tidak mungkin terselesaikan pekerjaan yang telah dilakukan maka selanjutnya pekerjaan kontruksi tersebut kita lanjutkan. Hal ini tentu memberikan keleluasaan kepada para WBP kita untuk bisa menerapkan ilmu yang diberikan sehingga pada saatnya nanti apabila pekerjaan telah selesai kita bisa melakukan tahapan evaluasi terhadap hasil pekerjaan yang dilakukan. apakah pekerjaan yang dihasilkan berdasarkan perencanaan serta perhitungan yang matang atau dibuat dan dibangun dengan seadanya saja.

Selanjutnya Kasi Giatja mengatakan bahwa sumber daya kegiatan pelatihan kompetensi bidang kontruksi WBP ini untuk material bersumber dari anggaran DIPA Lapas Palangka Raya, sedangkan untuk intruktur dan pelatih dibebankan kepada pihak Kementerian PUPR, ungkapnya. (Red-dok. Pirhan, Humas Kalteng Feb.19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook