Walikota Palangka Raya Hadiri Rakernas Indonesia Bersih

Kontribusi dari Iin Carolina, 22 Februari 2019 06:24, Dibaca 16 kali.


MMCKalteng – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih, yang digelar di Auditorium Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Kamis (21/2/2019).

Kegiatan akbar itu diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang diikuti oleh seluruh gubernur, walikota serta bupati seluruh Indonesia.

(Baca Juga : Buka TMMD ke-110, Bupati Kobar Berharap Masyarakat Berpartisipasi Aktif Bersinergi dengan TNI)

“Konkret kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan kebijakan kementerian dan lembaga dalam peningkatan kinerja pemerintah daerah guna pengelolaan sampah untuk mewujudkan Indonesia bersih,”ungkap Fairid sebagaimana dikutip Protokol dan Komunikasi Setda Kota Palangka Raya.

Dikatakan Walikota, langkah itu juga selaras dengan visi dan misi pemerintahan kota Palangka Raya saat ini, yakni untuk membangun Palangka Raya lebih baik dari segi ekonomi, lingkungan, maupun kesejahteraan untuk masyarakat. Sekaligus komitmen pemerintah kota Palangka Raya memberikan kinerja nyata untuk pembangunan ‘Kota Cantik’.

Lanjut Fairid mengatakan, kegiatan rakernas itu sendiri bertepatan dengan momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, dengan tema Indonesia Bersih dan sub tema kelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai.

Fairid mengharapkan, adanya gerakan ini menjadi gerakan yang bisa membawa semua pihak di Kota Palangka Raya untuk dapat bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan persoalan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak yang merupakan generasi penerus masa depan.

“Tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan gerakan Indonesia bersih, baik dari kebijakan sektor daerah di Indonesia saat ini,”tuturnya.

Adapun rakernas gerakan Indonesia bersih itu sendiri dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, Menteri PUPR, Basuki dan Wakil Menteri ESDM, Archandra. Rakernas ini diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian gerakan Indonesia bersih. (MC. Isen Mulang.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook