Kalapas Pangkalan Bun, BNN dan Polres Kota Waringin Barat Menyelenggarakan Tes Urine

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 21 Februari 2019 16:52, Dibaca 729 kali.


MMCKalteng – Kamis (21/02/2019) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun melaksanakan Apel Siaga. Acara tersebut diisi dengan Deklarasi Anti HALINAR dan Penandatanganan Pakta Integritas Anti HALINAR (Handphone, Pungli dan Narkoba). Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB s/d selesai dan diikuti oleh seluruh Petugas serta Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilaksanakan di halaman dalam Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Instansi terkait seperti BNNK Kotawaringin Barat dan Polres Kotawaringin Barat sebagai saksi penandatanganan Pakta Integritas Anti HALINAR. Dilaksanakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk memantapkan dan meyakinkan bahwa Lapas Pangkalan Bun jauh dari peredaran HP, Pungli dan Narkotika yang masih disinyalir terjadi di beberapa Lapas/Rutan.

(Baca Juga : Kadivmin Lakukan Rapat Internal Terkait Pembangunan Zona Integritas)

Kalapas Pangkalan Bun, Kusnan dalam sambutannya mengajak seluruh Petugas agar aktif  dan mendukung program pemerintah dan pimpinan dalam upaya getting to Zero HALINAR yang menjadi program utama Ibu Dirjenpas, Sri Puguh Budi Utami dalam hal ini agar selalu melaksanakan kegiatan razia demi terciptanya Lapas yang bersih dari HALINAR. “Saya tegaskan agar seluruh petugas aktif dalam melakukan razia penyalahgunaan telepon seluler oleh Warga Binaan dan memberikan himbauan untuk tidak menyimpan barang2 terlarang seperti HP, NARKOTIKA, dan barang terlarang lainnya, serta memanfaatkan secara maksimal keberadaan wartelsus sebagai sarana komunikasi untuk menghubungi keluarga.” Ucap Kusnan.

“Peningkatan Kedisiplinan Petugas adalah hal yang paling penting dalam rangka untuk mengantisipasi  dan deteksi dini terhadap penyelundupan HP dan narkotika ke dalam lapas.” Lanjutnya

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Tes Urine bagi seluruh Pegawai dan Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun. Hasil dari pemeriksaan tes urine tersebut dinyatakan negatif baik bagi Petugas maupun WBP. Ini adalah bukti bahwa Lapas Pangkalan Bun benar-benar merupakan Lapas yang bersih dari Narkoba. Pada kegiatan ini  Kalapas juga berpartisipasi untuk melaksanakan Tes Urine yang disaksikan dan diawasi langsung oleh pihak Polres dan BNNK Kobar. Ini menunjukkan sebuah komitmen dan Role Model bagi seorang pimpinan. (Red-dok. Humas Kalteng.Feb 2019).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook