Manfaat SANIMAS Sistem IPAL Komunal Perpipaan

Kontribusi dari Iin Carolina, 06 Februari 2019 09:09, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng– Peran Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan lingkungan bagi masyarakatnya merupakan keharusan untuk dipenuhi,  antara lain melalui implementasi program sanitasi berbasis masyarat (SANIMAS).

Sanimas dirancang untuk memberdayakan masyarakat  yang berada di lingkungan  permukiman padat penduduk  daerah perkotaan yang di fokuskan pada penanganan pembuangan air limbah rumah tangga (tinja). 

(Baca Juga : Pembukaan Forum Gabungan OPD Kabupaten GGunung Mas Tahu 2019 )

Warga jalan Sakan VIlI kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya sudah menerapkan dan memanfaatkan Sanimas sistem Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL)  Komunal perpipaan. 

Sanimas sistem Ipal komunal perpipaan dibangun pada tahun 2018 di fasilitasi oleh Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR,  Dit. Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Satker PLP Berbasis Masyarakat dan di dampingi tenaga fasilitator lapangan ( TFL ), ungkap Roy Marten selaku PPK Satker PS PLP kepada awak media center Isen Mulang Palangka Raya pada acara Launching pelayanan publik 100 hari kerja efektif Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya dijalan Arut (bangunan Depo sampah)  kawasan Mendawai Palangka Raya,  Senin (4/02/2019).

Lanjut Roy, masyarakat penerima manfaat sanimas sistem Ipal komunal perpipaan adalah masyarakat yang berdomisili di jalan Sakan VIII berjumlah 40 KK  (200 jiwa) dan 40 sambungan rumah,  mempunyai 1 (satu) titik IPAL.

M.Rizat Abidin, ST, MT, Msc, selaku Kasatker PS.PLP Kalimantan Tengah mengatakan bahwa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) adalah sarana pengolahan Limbah domestic yang berasal dari limbah buangan dari rumah tangga. Adapun tujuan dari pengelolaan air limbah itu sendiri, antara lain: mencegah pencemaran pada sumber air  bersih, bila tidak diolah secara memadai, limbah tersebut bisa merembes ke dalam sumur (apalagi bila jarak sumur dan septik tank terlalu dekat), saat mendampingi Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya meninjau dan meresmikan  Sanimas sistem IPAL Komunal Perpipaan.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook