Mudelan: Kesbangpol Waspadai Potensi Ancaman Kondusifitas Daerah

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 05 Desember 2018 18:15, Dibaca 12 kali.


MMC Kalteng - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Mudelan mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mewaspadai berbagai berpotensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat mengganggu keamanan dan kondusifitas daerah. 

Hal itu disampaikannya pada pelatihan deteksi dini di Aula Badan Kesbangpol Kobar, Selasa (4/12).

(Baca Juga : Literasi Keuangan Tentang Emas Bersama PT. Pegadaian)

“Walaupun secara umum kondisi sosial politik di Kobar saat ini relatif aman, kehidupan masyarakat berjalan dengan harmonis namun tidak berarti membuat kita lengah dan kurang waspada terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik, karena hal ini secara langsung berdampak pada terganggunya kelangsungan pembangunan serta menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa bidang kerawanan yang mendapat perhatian dari pihaknya, diantaranya ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

“Karena, hal itu bisa saja berpotensi menimbulkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah kita,” tuturnya.

Ia pun mengatakan bahwa terjaganya situasi wilayah yang aman dan kondusif melalui upaya-upaya deteksi dini, peringatan dini dan cegah dini dengan mengeliminasi potensi kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban bukan menjadi tugas aparat keamanan saja.

“Untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif, kita perlu melakukan sinergitas antara pemerintah daerah, aparat intelijen, aparat penegak hukum, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Hadir sebagai peserta kegiatan perwakilan aparatur kecamatan dan kelurahan di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Arut Selatan, Kecamatan Kumai dan Kecamatan Kotawaringin Lama. Narasumber berasal dari BIN Kobar, Kasat Intelkam Polres Kobar dan Pasi Intel Kodim 1014/Pbn. (Humas Diskominfo Kobar/rakhman/kesbangpol)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook