Tiga Kepala Daerah Di Kalteng Sepakati Kerjasama

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 15 Desember 2019 22:15, Dibaca 192 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, Bupati Katingan, Zakaryas dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo melakukan penandatanganan Kesepakatan bersama  atau  MoU tentang kerjasama daerah di bidang pembangunan.

(Baca Juga : Hari Raya Nyepi Sebagai Momentum Untuk Menyucikan Diri)

MoU yang berlangsung di ruang  Peteng karuhei (PK)  I kantor walikota Palangka Raya, Jumat (13/12/2019), disaksikan sejumlah jajaran  pejabat penting dari ketiga pemerintahan daerah tersebut.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam kesempatan itu mengatakan, pemerintah daerah memiliki tugas untuk melaksanakan pembangunan yang berkeadilan dan demokratis secara bertahap, berkesinambungan efektif serta efisien.

Kerja sama ini sesuai dengan amanat Pasal 363 ayat (1) UU RI No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah sebagaimana telah dirubah dengan UU RI No 9 tahun 2015, dimana pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk menjalin kerja sama berdasarkan pada prinsip efisien dan efektivitas pelayanan publik yang saling menguntungkan.

Selain itu, kerja sama antar daerah harus didasarkan pada prinsip saling menguntungkan satu dengan yang lain. Terutama mengedepankan prinsip efektif serta efisien.

Salah satu pola yang dapat diterapkan, adalah dengan mengembangkan perekonomian wilayah sekitar sesuai dengan keunggulan masing-masing,” kata Fairid.

Dikatakannya, saat ini dunia semakin dinamis, kehidupan semakin komplek, kebutuhan semakin beragam, ritme kerja yang semakin cepat dan mobile serta tantangan dan tuntutan kerja yang semakin tinggi.

Karenanya, pemerintah  di daerah  harus bisa dengan cepat merespon perubahan itu mengingat paradigma lama sudah tidak relevan lagi dengan kemajuan jaman.

Namun begitu, pemerintah daerah tidak akan bisa bekerja sendiri, tanpa kerja sama dari berbagai pihak, terutama dengan daerah yang saling berdekatan.

Kerja sama ini menjadi tolak ukur dan kunci keberhasilan pembangunan. Bahkan peran media sangat penting untuk melihat dan menyampaikan hasil pembangunan itu kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, baik Bupati Katingan, Zakaryas dan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menyampaikan terima kasihnya kepada Walikota karena telah menyediakan ruang dan waktu untuk membangun kerjasama.

Pihaknya mengaku siap untuk bekerja bersama dengan Pemko Palangka Raya, terutama perbaikan jalan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan. (MC. Isen Mulang.1)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook