Disdukcapil Seruyan Terbaik di Kalteng

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 14 Desember 2018 07:23, Dibaca 351 kali.


MMCKalteng – Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan, patut diacungi jempol. Pasalnya, dari 13 Kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah, Seruyan menjadi yang terbaik dalam pelayanan kependudukan.

Hal ini disampaikan, Ketua Komisi A DPRD Kalimantan Tengah, Y Freddy Ering, saat dihubungi, di sela-sela kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Seruyan, Kamis (13/12).

(Baca Juga : Tiada Tempat bagi Radikalisme di Kalteng)

“Kita kunjungan kerja ke Kabupaten Seruyan, salah satunya ke Disdukcapil, pelayanan kependudukan melalui Disdukcapil Seruyan terbaik dari 13 kabupaten dan satu kota se Kalteng,” kata Freddy.

Dari pertemuan yang dilaksanakan kemarin, kata dia, salah satu kunci kesuksesan pelayanan kependudukan di kabupaten pemekaran dari Kotawaringin Timur (Kotim) ini adalah komitmen pimpinan dan seluruh staf terhadap pelayan prima kepada masyarakat.

Hal itu juga didukung dengan menyediakan kenyamanan tempat bagi masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan, tidak berbelit-belit, bebas pungutan liar (pungli), menerapkan sistem pelayan jemput bola, dan kepatuan terhadap ketentuan perundang-undangan.

“Kuncinya adalah komitmen pimpinan dan staf terhadap pelayanan prima kepada masyarakat dan kepatuhan terhadap ketentuan pertauran perundang-undangan yang ada,” tegas legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dengan sistem yang diterapkan tersebut, lanjut Freddy, tidaklah mengherankan jika target pencapaian perekaman di Seruyan sangat tinggi. “Perekaman di Seruyan mencapai 94 persen merupakan tertinggi se Kalteng. Untuk diketahui rata rata se kalteng baru 87 persen,” terang Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas  dan Pulang Pisau ini.

Meski demikian, Disdukcapil setempat bukan tidak mengalami kendala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Diantaranya peralatan yang digunakan sudah tua dan tidak mampu lagi mengimbangi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat.

“Sekarang ini kendala mereka terkait masalah peralatan yang ada sudah tua dan tidak mampu mengimbangi kebutuhan pelayanan, untuk itu diharapkan bantuan pemerintah provinsi,” harapnya.

Selain mengunjungi Disdukcapil, dalam kunjungan kali ini, Komisi A yang membidangi pemerintahan, hukum dan keuangan ini, juga meninjau pelaksanaan pelayan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di Kecamatan Seruyan Timur, Samsat dan pertemuan dengan Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook