Dewan Sorot Sarang Walet dan Infrastruktur

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 07 Desember 2018 08:16, Dibaca 493 kali.


MMCKalteng – Berbagai macam aspirasi dan usulan disampaikan kepada kalangan DPRD Provinsi, dalam reses per kelompok. Salah satunya seperti pada Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas.

Menurut Anggota tim reses dapil I DR P Lantas Sinaga, pihaknya mengunjungi sejumlah wilayah. Salah satunya adalah pertemuan bersama Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin, yang dihadiri seluruh anggota dewan dari dapil tersebut.

(Baca Juga : Resmi, DPRD Lantik Rabul Yakin Sebagai PAW Anggota DPRD Murung Raya)

Dalam kegiatan itu Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang juga ikut serta, dalam upaya penyerapan aspirasi serta koordinasi itu. “Banyak yang menjadi pembicaraan kita, seperti infrastruktur jalan. Kita berharap agar ada kerjasama dengan Pemprov, dalam tindaklanjut tersebut,” ujarnya ketika dihubungi via telepon seluler, Kamis (6/12).

Hal lain yang menjadi sorotan adalah keinginan bersama, terkait menjadikan Kota Palangka Raya, menjadi sebuah destinasi lini-lini yang berkaitan dengan wisata ataupun kebudayaan.

Bahkan, ucap dia, Ketua DPRD juga mendukung dengan harapan memaksimalkan kota tersebut untuk menjadi indah serta menjadi tujuan masyarakat luar untuk berkunjung.

Selain itu Ketua Persatuan Gereja-Gereja Pantekosta Se Indonesia (PGPI) wilayah Kalteng itu juga menyoroti, menjamurnya sarang walet yang ada di Kota Palangka Raya.

Dirinya berharap agar izin serta persyaratan yang ada, bisa menjadi perhatian masyarakat. Jangan sampai bangunan-bangunan yang sudah berdiri, malah tidak memiliki izin.

“Izinnya bisa diurus melalui kepala desa setempat lalu ke camat, yang nantinya tahapannya di Pemkot hingga akhirnya si pemilik legal dalam menjalankan usahanya,” ucap Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalteng tersebut.

Keinginan itu sangat wajar, mengingat pentingnya upaya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Apalagi sektor itu memiliki potensi yang sangat besar, dimana jumlah sarang walet yang kian hari mulai bertambah. Lalu ada juga saran agar jajaran terkait bisa proaktif, untuk melaksanakan penagihan terhadap Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu yang terpenting bagaimana koordinasi bersama antar instansi serta institusi, bisa terlaksana baik.

Selain mengunjungi Pemkot di Kota Palangka Raya, pihaknya juga menyempatkan diri menyerap aspirasi di wilayah Buntut Bali, Kabupaten Katingan. Ada sejumlah usulan dan keinginan yang menjadi catatan, seperti berbagai keluhan serta persoalan di sektor pendidikan. Sebut saja seperti kekurangan tenaga pendidik, hingga keinginan pembenahan rumah dinas para guru yang memerlukan perbaikan. Ada juga usulan perpustakaan dengan harapan memberikan ruang bagi generasi muda, untuk memperluas pengetahuan dalam berbagai bidang.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook