KIM Simpul Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat Sebagai Penyebar Informasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Oktober 2021 11:27, Dibaca 116 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan bahwa KIM merupakan simpul komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Kalteng saat menjadi narasumber pada Webinar “Komunikasi Pemberdayaan KIM di Kalteng”. Acara ini dihadiri dari Gedung Smart Province (GSP) Diskominfosantik Prov. Kalteng, Kamis (14/10/2021).

Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Kalteng memaparkan terkait pengembangan dan pemberdayaan KIM. Lebih lanjut Agus Siswadi menyampaikan, Pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat Kabupaten atau Kota. KIM adalah Lembaga Layanan Publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya, terletak di perkotaan/ pedesaan yang beranggotakan 3 sampai 30 orang, dapat terdiri dari remaja/orang tua, pria / wanita, pelajar / mahasiswa, pedagang / petani / nelayan dll.

(Baca Juga : Kota Manis Pangkalan Bun dan Sejarah Panjangnya)

Agus Siswadi mengatakan KIM diarahkan untuk melakukan aktivitas mencari, memfilter, mengelola, dan menyebarkan informasi. Bukan hanya mengelola produk/kerajinan. Arah pembentukan KIM yaitu untuk mewujudkan jejaring diseminasi informasi Nasional, mendorong partisipasi masyarakat; mendorong peningkatan kualitas media massa, kecerdasan publik dalam mengkonsumsi informasi dan membangun masyarakat informasi.

Adapun tujuannya yakni untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerja sama dan mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

Agus Siswadi berharap kepada Diskominfo Kabupaten/Kota agar tetap dapat menjadi koordinator pada KIM binaan pada Kabupaten/Kota masing-masing dan secara berkala mengagendakan kegiatan pertemuan walaupum secara online sebagai sarana pembelajaran sekaligus ajang koordinasi KIM ditingkat Kabupaten/Kota.

Tahun 2021 ini, di Kalteng sudah ada 7 Kabupaten/Kota yang melakukan pembinaan terhadap KIM diantaranya Barito Utara, Pulang Pisau, Katingan, Kotawaringin Timur, Gunung Mas, Seruyan dan Palangka Raya.

Kegiatan ini juga dihadiri secara virtual oleh narasumber dari forum komunikasi KIM yakni Sektetaris Jenderal Forum KIM Nusantara Cak Boni serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten/Kota beserta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta KIM Binaan Kominfo Kabupaten/Kota se-Kalteng. Hadir di GSP Diskominfosantik Prov. Kalteng diantaranya Kepala Seksi Kehumasan Arbandigana selaku Moderator, Kepala Seksi Kemitraan Elyanie, Kepala Seksi Layanan Komunikasi Publik Suliwati, dan JFT. Pranata Humas Ferawati.(wdy/foto:arif)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook