Wagub Kalteng Sambut Kedatangan Mensos Tri Rismaharini

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 November 2021 14:03, Dibaca 914 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menyambut langsung kedatangan Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Rabu (24/11/2021). Kunjungan Mensos Tri Rismaharini ke Kalteng dalam rangka meninjau lokasi banjir dan Posko pengungsian di Kalteng.


Turut hadir menyambut Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi dan Plt Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Farid Wajdi. Dari Pemerintah Kota dihadiri oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. Sementara itu, Mensos didampingi oleh Anggota Komisi 8 DPR RI H. Iwan Kurniawan, Wakil Ketua Komite III DPD RI H. Muhammad Rakhman dan Anggota DPRD Prov. Kalteng Jainudin Karim.

(Baca Juga : Kementerian PP-PA RI Verifikasi Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah)

Rencananya Mensos bersama rombongan akan meninjau lokasi Banjir di Kawasan Sungai Kahayan, Flamboyan serta meninjau lokasi pengungsian di GOR Koni Palangka Raya. Usai melakukan peninjauan, Mensos rencananya akan melakukan penyerahan bantuan Atensi di GOR Koni.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka melakukan upaya-upaya penanganan banjir di Kalteng, pada tanggal (20/11/2021) lalu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Mayjen TNI Suharyanto telah menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di wilayah Prov. Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng. Saat pimpin Rakor, Gubernur H. Sugianto Sabran telah menginstruksikan seluruh Kepala OPD Prov. Kalteng turun langsung membantu masyarakat terdampak banjir pada pos-pos pengungsi serta membantu evakuasi dan mendukung sembako dan juga nasi bungkus. Secara khusus kepada BPBD Provinsi dan Dinsos Provinsi, diinstruksikan agar terus menerus melakukan pengecekan di lapangan terhadap penanganan yang dilakukan, dan mengerahkan secara langsung personil Tim Reaksi Cepat dan TAGANA untuk membantu evakuasi warga dan transportasi warga. Selain itu, bantuan sembako terutama untuk mendukung logistik dapur-dapur umum. Tak hanya itu, jajaran di Pemprov. Kalteng juga terus melakukan koordinasi dengan instansi vertikal khususnya Balai Pengelolaan Jalan Nasional terkait dengan penanganan ruas jalan nasional yang terdampak banjir untuk dapat ditangani sebagaimana mestinya.

Berdasarkan data dari BPBPK Prov. Kalteng per tanggal 20/11/2021, terdapat 6 Kabupaten/Kota yang terdampak banjir yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Barito Selatan. Dengan jumlah 40 Kecamatan, 177 Desa/Kelurahan, 33.530 KK, 96.015 Jiwa terdampak banjir dan hingga saat ini terdata 2.038 KK, 6.449 Jiwa mengungsi pada posko banjir yang telah disediakan Pemerintah.(wdy/foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook