Pj. Sekda Prov Kalteng Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 Oktober 2021 10:41, Dibaca 279 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri Upacara Peringatan HUT ke - 76 TNI. Upacara dihadiri secara virtual dari Aula Makorem 102/PJG, Selasa (05/10/2021).


Presiden RI Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka, Jakarta. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi.

(Baca Juga : Danrem 102 Panju Panjung Bersama Kapolda Kalteng Pimpin Apel Gelar Pasukan )

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan sampai saat ini, kita masih dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Keberhasilan dalam menangani pandemi Covid-19 tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukan profesionalisme di setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi termasuk Alutsista telah digunakan dan digerakan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

Presiden juga meminta Kesigapan TNI ini juga untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber dan ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam. Menghadapi ancaman spektrum yang semakin luas transpormasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan moderen yang relevan dengan perkembangan tekhnologi militer terkini sehingga TNI dapat bertranspormasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis regional maupun global.

“Penguatan budaya strategis prajurit dan Perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transpormasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang intensif aktif dengan pertahanan yang berlapis”, pungkas Joko Widodo.


Usai mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI, acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah. Pj. Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan sinergisitas selama ini dibangun oleh TNI dan Polri untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat Kalteng perlu ditingkatkan lagi.

“Kita berharap kekompakan antara seluruh komponen atau elemen Bangsa ini bisa membuat masyarakat bisa tenang. Investasi bisa berjalan dengan baik, penyerapan tenaga kerja juga akan meningkat dan yang terakhir, pandami Covid-19 juga bisa melandai”, tutur Nuryakin.

H. Nuryakin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih dengan TNI dan Polri yang sudah berperan aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kalteng khususnya.


Hadir di Aula Makorem 102/PJG diantaranya Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng Rahmat Hamka serta pihak terkait lainnya.(wdy/foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook