5 Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2020

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 25 Maret 2019 09:59, Dibaca 909 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pelaksana Harian Sekda (Plh Sekda) Drs. H. Sapto Nugroho Handono Wareh., MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2019, bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Prov. Kalteng, Senin (25/3).

Dalam sambutannya Plh Sekda menyampaikan, Sesuai dengan rancangan RKP Tahun 2020 dengan tema "Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas", disebutkan bahwa terdapat 5 Prioritas Nasional dalam tahun anggaran 2020 yaitu: 1. Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, 2. Infrastruktur dan pemerataan wilayah, 3. Nilai tambah sektor rill, industrialisasi dan kesempatan kerja, 4. Ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup, 5. Stabilitas pertahanan dan keamanan.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-17 Kabupaten Lamandau)


Sesuai dengan 5 prioritas Nasional tersebut, diharapkan Rakortek Perencanaan Pembangunan Daerah yang kita selenggarakan tahun ini, dapat secara efektif berkontribusi positif dalam pencapaian prioritas Nasional dan prioritas Daerah. 

Langkah strategis daerah dalam mendukung pencapaian prioritas Nasional antara lain: 1. Mengoptimalkan dukungan daerah dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan (terutama infrastruktur dan pariwisata), 2. Melakukan pendataan penerima manfaat dan fokus kegiatan yang aktual dan faktual, 3. Koordinasi yang lebih intens antara pusat dan daerah provinsi dan kabupaten/kota, 4. Mengoptimalkan penggunaan potensi unggulan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, 5. Meningkatkan kapasitas aparatur dan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.


Turut hadir Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Drs. H. Sapto Nugroho Handono Wareh., MM, Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Nurul Edy., M.Si, Kepala Bappedalitbang Ir. Yuren S. Bahat., MM, MT, Kepala Dinas/Badan/Unit Satuan Kerja lingkup Pemprov. Kalteng, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng serta para tamu undangan. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook