Bekerja Sama dengan Dinkes, Diskominfo Kobar Buat Aplikasi Registrasi Vaksinasi Berbasis Andorid

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 September 2021 10:12, Dibaca 277 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dalam upaya peningkatan pemberian vaksinasi di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) membuat aplikasi Reva Kobar atau Aplikasi Registrasi Vaksinasi berbasis Android. Launching Aplikasi Reva Kobar ini dibuka dan diluncurkan oleh Bupati Hj Nurhidayah yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Asisten dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Kobar serta para insan media baik cetak maupun online di Hotel Arsela, Sabtu (18/9/2021).

Dalam paparannya, Kepala Diskominfo Kobar Rody Iskandar menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi android dalam registrasi vaksinasi ini dapat memudahkan masyarakat umum untuk mendapatkan vaksinasi.

(Baca Juga : Pemkab Laksanakan Rapat Rencana Aksi Reformasi Birokrasi)

"Masyarakat dapat melakukan registrasi vaksinasi dimanapun dan kapanpun, sehingga dapat mengurangi mobilitas kerumunan ketika antri vaksinasi di fasilitas kesehatan yang mengadakan vaksin," kata Rody.

Rody mengatakan bahwa Aplikasi Reva Kobar dapat diakses melalui Google Play Store. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, lanjutnya, dapat mendaftarkan menggunakan email dan nomor hp yang aktif kemudian buat username yang mudah diingat serta password yang akan digunakan untuk login pada aplikasi Reva.

“Setelah melakukan registrasi dan proses skrining dari puskesmas setempat, masyarakat akan mendapatkan pemberitahuan/notifikasi terkait nomor antrian, jadwal dan tempat vaksinasi,” jelasnya.

Pelaksanaan launching Aplikasi Reva Kobar juga bersamaan dengan kegiatan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, dengan sasaran vaksinasi sebanyak 556 orang. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi mereka yang tergabung dalam TCA, PHRI, HPI, HKWK, Pokdarwis, ASITA, Manajemen obyek wisata serta pekerja subsektor ekonomi kreatif kuliner, seni pertunjukan, kriya, film dan desain visual.

Dalam sambutannya, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan guna mempercepat pemberian vaksinasi di Kabupaten Kotawaringin Barat. "Semoga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih dan kembali menjadi sektor andalan bagi Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Hj Nurhidayah.

"Semoga dengan adanya Aplikasi Reva Kobar, diharapkan mampu meningkatkan capaian target penerima vaksin demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat," imbuhnya. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook