Pentingnya Menjaga Etika di Media Sosial

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 September 2021 10:35, Dibaca 15 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan bahwa literasi adalah kemampuan dalam mengolah data  dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis dan literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Hal ini disampaikan oleh Plt. Kadis KominfoSantik Agus Siswadi saat menjadi narasumber pada kegiatan orientasi cara cerdas menggunakan media sosial yang digelar oleh PWI Kalteng, bertempat di Hotel Neo Palma, Palangka Raya, Selasa (14/9/2021).

Dalam kegiatan orientasi tersebut, Agus Siswadi menyampaikan materi tentang Literasi Digital Cerdas Bermedia Sosial. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua  PWI Kalteng HM Harris Sadikin.

(Baca Juga : Wagub Edy Pratowo Sematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Kepada 49 Orang ASN di Lingkup Pemprov Kalteng)

Lebih lanjut Agus Siswadi menyampaikan di era digital saat ini teknologi mengubah cara orang menerima Informasi dan informasi lebih sering diterima melalui media sosial. Media sosial atau bisa disebut juga social media adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi dan menciptakanisi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Pengaruh media sosial dalam masyarakat diantaranya dapat mengubah cara “berkomunikasi” dalam masyarakat, media sosial sebagai jaringan ilmu pengetahuan dan media sosial juga ,emiliki dampak positif dan negatif.

Menyikapi media sosial secara bijak, Agus Siswadi mengajak untuk menjaga etika. Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika. Plt. Kadis Kominfo menghimbau aga selalu menjaga etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita serta menghindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA.

Selain itu, cara menyikapi penggunaan  media sosial secara bijak yakni agar selalu waspada dan jangan langsung percaya, tidak perlu detail mencantumkan informasi serta jangan asal posting konten.

kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris PWI Kalteng Ika LelunuWakil Direktur Samapta Polda Kalteng AKBP Timbul RK Siregar dan Pakar/ Praktisi Teknologi Informatika Herkules sebagai narasumber.(wdy/foto:fajrin)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook