Ivo Sugianto Sabran Tekankan Jaga dan Pelihara Keragaman Budaya Untuk Memperkokoh Kedaulatan dan Keutuhan NKRI

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 29 Agustus 2019 13:09, Dibaca 515 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Yulistra Ivo Sugianto Sabran Rapat membuka secara resmi Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kalteng yang diselenggarakan di hotel M. Bahalap, Palangka Raya, Kamis, (29/8/2019).

"Saya sangat menyambut gembira dan menaruh perhatian serta menghargai kehadiran Kakak-kakak pada forum penting ini sebagai upaya koordinasi, informasi dan komunikasi dalam berbagai hal antara Kwartir Daerah dengan Kwartir Cabang dan Satuan Karya, sehingga tercipta kesatuan pemahaman bahasa dan gerak langkah dalam rangka meningkatkan peran serta Pramuka dalam pembangunan Bangsa," ucap Ivo.

(Baca Juga : Gelar Karya Kalteng 2018 : Korem 102 Panju Panjung tampilkan Alutsista)

Lebih lanjut Ivo menjelaskan bahwa rapat kerja kali ini merupakan yang kali pertama bagi kepengurusan Kwartir Daerah gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, tentu pertemuan perdana ini mempunyai peran penting untuk menentukan langkah perkembangan Gerakan Pramuka di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

"Sadar atau tidak sadar, Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan misinya harus membayangkan betapa besar tantangan yang harus dihadapi. Namun dengan jiwa dan semangat kepramukaan, jiwa kegotongroyongan maka kemitraan dengan berbagai komponen bangsa merupakan strategi dan sebagai syarat utama mewujudkan cita-cita tersebut," jelasnya.


Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan. Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, memiliki jiwa bela negara, dan berkarakter.

"Negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya perlu kita jaga dan pelihara, sehingga apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita tidak akan sia-sia. Karena dengan keharmonisan keragaman yang telah ada akan memperkokoh kedaulatan dan keutuhan NKRI," tegasnya. (ARP/Foto:Asep)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook