Gubernur Kalteng : Pemerintah Wajib Hadir di Tengah Masyarakat yang Terdampak Bencana

Kontribusi dari Widia Natalia, 11 September 2021 18:31, Dibaca 146 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemprov. Kalteng berkomitmen dan konsisten dan fokus dalam penanganan dampak banjir di Kalteng. Sabtu, (11/09/2021), Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran kembali kunjungi Kabupaten Katingan untuk melihat langsung kondisi terkini banjir di Kabupaten Katingan, sekaligus memastikan distribusi bantuan bagi masyarakat terdampak banjir, benar-benar sampai pada sasaran.

“Saya ingin memastikan distribusi bantuan, baik bantuan Pemprov dan pihak lainnya telah didistribusikan dengan baik dan tepat sasaran, jangan ada penumpukan logistik bantuan di gudang” tegas Sugianto, saat pengecekan Gudang sementara logostik bantuan di aula BPKAD Kabupaten Katingan, di Kasongan.

(Baca Juga : Tingkatkan Etos Kerja, Gubernur Sugianto Sabran Tatap Muka Bersama Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov. Kalteng)


Setelah pengecekan gudang logostik, Gubernur dan rombongan didampingi Bupati Katingan Sakaryas, bertolak meninjau dapur umum di Desa Banut Kalanaman. Gubernur meminta, meskipun debit air sudah mulai turun, keberedaan dapur umum agar diperpanjang, untuk melayani masyarakat pasca banjir. Di tempat yang sama Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran memberikan bantuan dan bingkisan secara pribadi kepada masyarakat setempat, terkhusus anak-anak.

Rangkaian kunjungan berikutnya Gubernur dan rombongan mengunjungi Desa Baun Bangu dan Desa Asam Kumbang Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, yang merupakan daerah sulit dijangkau dalam pendistribusian bantuan, karena harus melalui transportasi darat dan transportasi sungai, dan merupakan daerah yang masih minim bantuan.

Di Desa Asam Kumbang , terdapat 250 KK yang mengungsi karena rumah warganya masih terendam banjir. Gubernur Sugianto Sabran mendistribusikan langsung paket bantuan dari Pemprov Kalteng mapun bantuan secara pribadi.


“Saya beserta Pak Wagub dan Forkopimda langsung turun ke lapangan untuk memastikan bantuan telah disalurkan dengan baik, dan memastikan warga terdampak banjir, tidak terlantar dan kelaparan, dan saya berharap juga peran Bupati sebagai Kepala Daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayahnya, benar-benar total dan fokus dalam penanganan dampak banjir “ tegas Gubernur.

Sugianto Sabran juga memberikan bantuan operasional secara pribadi kepada unsur Forum Koordinasi Kecamatan Kamipang , yakni Kapolsek, Danramil, dan Polairud dengan total Rp. 90.000.000., untuk menunjang operasional Posko dan operasional pendistribusian bantuan.

“Sinergitas antara Pemerintah dan unsur TNI dan Polri sangat penting dan strategis dalam penanganan bencana, bantuan berupa uang tunai dari pemerintah tentu membutuhkan proses, saya membantu secara pribadi karena kita tidak bisa menunggu dan harus bergerak cepat “ ungkap Sugianto saat menyerahkan bantuan uang tunai.

Hal yang sama bantuan uang tunai pribadi juga diberikan kepada tenaga Kesehatan dan Polairud di Desa Petak Bahandang, Kecamatan Tasik Payawan, Katingan. Sementara Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Suginto Sabran mengunjungi posko pengungsian warga di Desa Asam Kumbang Kecamatan Kamipang, sekaligus memberikan paket bantuan secara langsung untuk warga terdampak.

“Penanganan Banjir di Katingan dilakukan dengan perlakuan khusus, karena eskalasi banjir yang cukup besar dibanding kabupaten lainnya, seiring makin turun debit air, kita berharap banjir ini selesai, dan kita akan tangani dan bantu masyarakat pasca banjir” imbuh Sugianto Sabran.

Sebagaimana diketahui, bahwa akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir, mengakibatkan 12 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah, mengalami bencana banjir, kecuali dua kabupaten, yakni Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Timur.

Kunker ke Kabupaten Katingan kali ini terasa khusus dan istimewa bagi warga Kabupaten Katingan Bumi Penyang Hinje Simpei, karena selain kehadiran orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai beserta istri, juga dihadiri Wakil Gubernur , Penjabat Sekda masing-masing beserta istri, Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, dan anggota Forkopimda Prov. Kalteng.(AS/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook