Kadinkes : Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 16 November 2018 20:27, Dibaca 354 kali.


MMCKalteng - Musim penghujan dan intensitas kelembapan udara merupakan faktor perkembang biakan nyamuk Aedes aegipty pembawa virus dengue lebih cepat berkembang dan menyalurkan penyakit Demam berdarah Dengue (DBD).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr. Mulyanto Budiharjo saat ditemui dikantornya, Jumat (16/11).

(Baca Juga : Mengolah Hasil Alam Berdasarkan Kearifan Lokal)

Untuk penyakit DBD pada musim hujan seperti sekarang ini, biasanya serangan demam berdarah akan mudah datang, oleh sebab itu disarankan untuk warga pulang pisau lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, ungkap Mul sapaan akrabnya.

Untuk mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti masyarakat terus tingkatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebersihan lingkungan dapat diterapkan melalui 3M+ (Menguras, Menutup, Mendaur), dan juga pencegahan dapat dilakukan dengan penaburan bubuk abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk,” katanya.

Lanjutnya, pencegahan lainnya bisa menggunakan kelambu pada saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, pengasapan (fogging) serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat bersembunyi nyamuk, jelas Mul (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook