Pemkab Kobar Ikuti Pencanangan Vaksinasi Ibu Hamil Serentak se-Kalteng

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 26 Agustus 2021 09:02, Dibaca 34 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kobar pada Kamis (26/8/2021). Kegiatan pencanangan ini dilakukan serentak oleh seluruh kabupaten/kota se-Kalteng secara virtual.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan bahwa ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang akan berisiko lebih berat apabila terinfeksi Covid-19 sehingga perlu menjadi prioritas penerima vaksin. “Selain itu efek lain dari ibu hamil yang terkena virus corona adalah peningkatan Angka Kematian Bayi, terutama karena problem prematuritas akibat harus dilahirkan lebih cepat,” ujar Hj Nurhidayah.

(Baca Juga : Polsek Sepang Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga yang Membutuhkan  )

Hj Nurhidayah melanjutkan, ibu hamil boleh mengikuti vaksinasi Covid-19 tentunya sesudah menjalani pemeriksaan dokter dan dinyatakan memenuhi syarat, pengawasan dokter dalam hal ini didampingi POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) dan pengawasan dokter juga harus terus dilakukan sesudah ibu hamil menerima vaksin Covid-19.

“Target sasaran ibu hamil yang akan dilakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak 1.268 ibu hamil dari 48.291 jumlah sasaran ibu hamil se-Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois menambahkan, sejak tangal 2 Agustus 2021 Pemerintah Indonesia sudah memulai menambahkan segmen sasaran Covid-19, yang mana perluasan segmen sasaran ini adalah kelompok-kelompok yang berisiko dan kelompok-kelompok rentan itu yang semakin diprioritaskan.

“Jadi ke depan ibu hamil tentu dengan sesuai kriteria kita jadikan sebagai sasaran untuk divaksinasi Covid-19. Dengan harapan ibu hamil bisa melalui masa kehamilannya sampai dengan melahirkan nanti selamat dari ancaman Covid-19,” tandasnya. (dinkes kobar)

 

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook