Penyaluran Bantuan Bagi Korban Banjir di Wilayah Kecamatan Arut Selatan

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 23 Juli 2020 22:21, Dibaca 26 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pada Kamis (23/7/2020) Camat Arsel beserta tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kelurahan Raja Seberang, Kelurahan Mendawai Seberang dan Kelurahan Baru. Bantuan tersebut merupakan bantuan yang diterima dari Pemerintah Kabupaten Kobar dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kobar melalui BPBD Kabupaten Kobar.

Pengurus BAZNAS Kabupaten Kobar turut hadir dalam kegiatan tersebut dan menyerahkan secara langsung kepada Lurah Raja Seberang dan Lurah Mendawai Seberang serta posko relawan Kelurahan Baru yang nantinya akan disalurkan kepada keluarga yang terdampak banjir melalui kelurahan masing-masing. Bantuan tersebut berupa beras, air mineral dan minyak goreng dengan rincian untuk Kelurahan Raja Seberang dan Mendawai Seberang, yakni beras 10 kg sebanyak 50 sak, air mineral 250 ml sebanyak 50 dus dan minyak goreng 1 liter sebanyak 50 liter. Sedangkan bantuan untuk Kelurahan Baru sebanyak 25 paket.

(Baca Juga : Praktek Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB))

Ketua Baznas Kabupaten Kobar, H. Suhartono Basran menyampaikan bahwa bantuan yang disalurkan kepada Kelurahan Raja Seberang dan Mendawai Seberang sebanyak 50 paket serta untuk Kelurahan Baru sebanyak 25 paket. Ketua Baznas Suhartono juga menyampaikan harapan semoga dapat membantu sesama yang sedang mendapat cobaan bencana banjir dan semoga banjir segera surut.

“Pada hari ini kami salurkan bantuan dari Baznas Kabupaten Kobar kepada warga Kelurahan Raja Seberang dan Mendawai Seberang masing-masing sebanyak 50 paket dan untuk Kelurahan Baru sebanyak 25 paket. Semoga bantuan ini dapat membantu saudara kita yang sedang mendapat cobaan bencana banjir. Dan berharap semoga banjir cepat surut, Aamiin. Dan selanjutnya Insya Allah pada Sabtu (25/7/2020) juga akan disalurkan bantuan ke Kelurahan Mendawai, Desa Kumpai Batu Bawah dan Desa Tanjung Terantang,” kata Suhartono.

Pada kesempatan yang sama, Camat Arsel Muhammad Ramlan menyampaikan bahwa semoga bantuan dapat membantu dan meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak banjir. Dan berharap dengan adanya musibah ini dapat menggugah rasa kemanusiaan dari berbagai elemen masyarakat.

“Dengan disalurkannya bantuan dari pemerintah daerah ini diharapkan dapat meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak banjir. Dan diharapkan juga kepada masyarakat lainnya agar segera melaksanakan kegiatan sosial dengan membentuk posko relawan bencana banjir untuk menggalang dan mengumpulkan bantuan dari berbagai elemen untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak tersebut,” kata Ramlan.

Selain itu, Muhammad Ramlan juga menyampaikan imbauan agar masyarakat waspada dengan penyakit yang ditimbulkan pasca banjir sehingga diharapkan masyarakat senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya imbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penyakit yang ditimbulkan setelah adanya banjir ini, seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, dan penyakit lainnya. Untuk itu saya berpesan dan tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” imbau Ramlan. (kec-arsel)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook