Kalteng Genjot Percepatan Vaksinasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 Juli 2021 16:42, Dibaca 175 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan Kalteng menargetkan tanggal 31 Oktober 2021 dapat tercapai Herd Imunity. Hal ini disampaikan Suyuti saat menjadi narasumber pada dialog sosialisasi yang digelar oleh DiskominfoSantik Prov. Kalteng yang disiarkan melalui RRI Palangka Raya, Rabu (07/7/2021).

Dialog ini mengusung tema Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kalteng. Vaksinasi adalah upaya membangun kekebalan.

(Baca Juga : Barsel Resmi Terima Bantuan RMU Dari Gubernur Kalteng)

“Kalteng menargetkan 31 Oktober tercapai herd imunity”, ucap Suyuti.

Kadiskes Kalteng menjelaskan Pemprov terus mencoba mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Jika Pemerintah Pusat mempunyai target 1 juta perhari, Pemprov. Kalteng menargetkan 25 ribu perhari.

“Pemerintah Pusat punya target 1 juta perhari, maka di Kalteng dapat 11 ribuan dari 1 juta itu. 11 ribuan itu selalu terlampaui. Kami menargetkan 25 ribu perhari, itu juga tercapai”, jelas Suyuti.

Suyuti Syamsul mengungkapkan menurunnya target vaksinasi di Kalteng akhir-akhir ini, disebabkan bukan karena vaksinator di lapangan yang kurang kuat atau cepat tetapi dikarenakan pendistribusian vaksin tidak dalam kontrol Pemprov. Kalteng melainkan ada di Pusat.

Berdasarkan analisis data, Kalteng saat ini sudah memasuki gelombang dua serangan Covid-19. Gelombang kedua ini disebabkan oleh munculnya varian baru di Bulan Mei yaitu varian Delta yang sebelumnya disebut varian india serta longgarnya penerapan prokes.

Salah satu upaya untuk mengatasi penularan ini adalah melalui vaksinasi. Diharapkan kedepannya dapat terbentuk kekebalan kelompok setelah vaksinasi mencapai kurang lebih 70 persen dari populasi.(wdy/foto:arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook