Peluncuran Indonesia Makin Cakap Digital dan Kelas Literasi Digital

Kontribusi dari Widia Natalia, 20 Mei 2021 10:03, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Lies Fahimah mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membacakan sambutan pada acara Peluncuran program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” Lingkup Prov. Kalteng, bertempat di M Bahalap Hotel Palangka Raya, Kamis (20/5/2021). Opening Peluncuran program Literasi Digital digelar secara Nasional, dibuka secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dari Istana Negara. Kegiatan ini digelar serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Kegiatan Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan  memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021 yang dimaknai sebagai momentum yang baik sebagai tanda dimulainya gerakan nasional yang melahirkan ribuan talenta digital yang akan menyebarkan pemikiran dan gagasan melalui teknologi digital.

(Baca Juga : Kejutan Ulang Tahun Kepada Gubernur Kalteng di Istana Isen Mulang)

Program Literasi Digital mengusung tema “Digital Marketing Untuk UMKM”. Program ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI  yang bekerjasama dengan kementerian terkait. Peluncuran program Literasi Digital Nasional dihadiri oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  RI Nadiem Anwar Makarim.


Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan tantangan diruang digital semakin besar.

“Sangat besar, konten-konten negatif terus bermunculan, kejahatan diruang digital terus meningkat, hoax, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa”, ucap Joko Widodo.

Joko Widodo mengatakan, kewajiban bersama untuk terus meminimalkan konten negatif serta membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif.

“Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat, agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konen kreatif yang lebih menyejukan dan menyerukan perdamaian", tambahnya.

Joko Widodo menekankan agar penggunaan internet harus mampu meningkatkan produktifitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas dan diharapkan internet bisa memberi nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng pada Opening Peluncuran program Literasi Digital Lingkup Prov. Kalteng mengatakan Percepatan Transformasi Digital Nasional yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pemanfaatan Teknologi baru, serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat dalam berineteraksi di ruang Digital.

“Transformasi Digital harus disikapi dengan serius, sehingga dapat membawa manfaat positif bagi kehidupan. salah satu upaya dalam mendukung percepatan transformasi digital adalah penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Digital”, tutur Lies Fahimah.

“Sumber Daya Manusia yang siap dengan memahami, menguasai dan memperlakukan peran Teknologi dengan baik, sehingga membawa manfaat yang baik pula. sebaliknya, sumber daya manusia yang tidak siap dengan Transformasi Digital akan tertinggal dengan perkembangan Teknologi yang ada di Era Digital saat ini”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Lies Fahimah mengajak semua untuk bersama-sama mendukung kegiatan literasi digital ini.

“Belajar, pahami, kuasai dan terapkan ilmu-ilmu yang didapat pada literasi digital ini, sehingga suatu saat nantinya dapat memberikan manfaat yang besar bagi pribadi, masyarakat serta Bangsa dan Negara”, tandas Lies Fahimah.

Lebih lanjut, Lies Fahimah mengutarakan, bahwa Pemprov. Kalteng menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas kegiatan literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital” yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo RI  yang bekerjasama dengan kementerian terkait, serta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Indonesia. 

Melalui kegiatan Literasi Digital ini, Lies Fahimah berharap dapat membangun kesadaran dan pengetahuan tentang teknologi Digital baru dan mempercepat pengembangan serta peningkatan keterampilan masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Kalteng di Era Digital.


Peluncuran program Literasi Digital Lingkup Prov. Kalteng menghadirkan narasumber diantaranya Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Plt. Kepala Dinas Kominfo Prov. Kalteng Agus Siswadi, Kepala Dinas Kominfo Palangka Raya Fifi Afrika. Hadir sebagai pemateri diantaranya Manager ELTIBIZ Elistia dan Akademisi Universitas Palangka Raya Ferry Setiawan. Acara ini dipandu oleh moderator yakni Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik Andi Cipta Mulia Silalahi dan Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik Alfrianto dan Nisa Rahmia sebagai Host.(WDY/Foto:sef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook