BPBD Kobar Berikan Pendidikan Kebencanaan Sejak Dini Kepada Siswa SDIT Cendekia

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 01 November 2018 09:43, Dibaca 488 kali.


MMC Kalteng - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (30/10) pagi menerima kunjungan siswa  Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cendekia beserta guru pendamping. Pada kunjungan tersebut, BPBD Kobar mengenalkan peralatan dan perlengkapan pemadaman, melakukan simulasi kecil penanganan bencana kebakaran serta menayangkan film-film kebencanaan sebagai pengetahuan dasar bencana sejak dini.

Dalam paparan pengenalan BPBD dan penanggulangan bencana, Plt Sekretaris BPBD Kobar Aldrin Tindan menyampaikan bahwa anak-anak harus mampu menjaga lingkungan, bersahabat dengan alam, tahu bagaimana berbuat dan berlaku jika bencana terjadi.

(Baca Juga : 120 Anak Muda Ikuti Workshop Perfilman di Pusdiklat Kemendikbud)

Disampaikan pula oleh Kasi Pencegahan Fakhrul Laji bahwa bencana tidak diketahui secara pasti kapan menimpa kita, karenanya anak-anak harus siap siaga dan menyiapkan diri untuk menghadapinya.

Kasi Kesiapsiagaan Said Subhan pun menambahkan, anak-anak harus pandai-pandai mengingatkan orang tua, saudara, teman dan keluarga untuk selalu siaga jika terjadi bencana.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDIT Cendekia Ika Fardianti mengatakan bahwa kunjungan mereka ke BPBD Kobar adalah untuk memberikan pendidikan dasar bagi anak-anak terkait peristiwa alam yang bisa menyebabkan terjadinya bencana.

“Pendidikan dasar bagi anak-anak terkait peristiwa alam adalah kurikulum pendidikan dasar yang wajib disampaikan. Kami sebagai guru, ingin anak-anak merasakan langsung bagaimana penanganan kejadian alam yang berbahaya sehingga melakukan kunjungan ke BPBD Kobar,” ujarnya.

Antusiasme siswa SDIT Cendekia pada kunjungannya ini ditunjukan dengan menjawab yel-yel penyemangat dari BPBD Kobar, “tangguh, tangguh, tangguh, Yes!!!”. (Humas Diskominfo Kobar/*)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook