Kominfo Gelar Talkshow Terkait Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Provinsi Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 April 2021 17:10, Dibaca 94 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Fokus MMC (Forum Diskusi Multimedia Center) dengan Tema "Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Prov. Kalteng", bertempat di di Gedung Smart Province (GSP) DiskominfoSantik Prov. Kalteng, Jumat (16/4/2021). Acara ini disiarkan secara live melalui Instagram, Facebook dan Youtube Resmi Diskominfosantik Prov. Kalteng. Fokus MMC dihadiri Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi selaku Host dan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy yang didaulat sebagai narasumber.

Yulindra Dedy menjelaskan terkait Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor 443.1/40/Satgas Covid-19, tanggal 13 April 2021 tentang Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Prov. Kalteng dalam Masa Pandemi Covid-19. Plt. Kepala Dinas Perhubungan Yulindra Dedy dalam paparannya menyampaikan yang melatarbelakangi atau dasar dikeluarkannya surat edaran Gubernur tentang Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Prov. Kalteng dalam Masa Pandemi Covid-19 adalah bersasarkan evaluasi Satgas penanganan Covid-19, jika dilihat kasus aktif dalam 1 minggu terakhir, grafik tidak menunjukan penurunan, namun dari hari ke hari tingkat kasus konfirmasi semakin bertambah.

(Baca Juga : Plt. Gubernur Kalteng Ikuti Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19)

Selain itu, memperhatikan evaluasi dari Satgas Penanganan Covid-19 ditingkat Nasional, dimana Kota Palangka Raya termasuk salah salah satu wilayah zona merah atau termasuk 5 besar.

Yulindra Dedy menjelaskan, dari hasil yang disampaikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, salah satu penyumbang tingginya kasus Covid-19 di Kalteng disebabkan masih tingginya pergerakan orang yang melakukan perjalanan ke luar Provinsi maupun yang kembali masuk ke Prov. Kalteng.

“Yang kemudian masuk membawa ke keluarga masing-masing, dan akhirnya yang banyak berkenbang adalah cluster keluarga”, tutur Yulindra Dedy.

Lebih lanjut Yulindra Dedy menjelaskan, tujuan dari Surat Edaran Gubernur tidak lain adalah agar pada saatnya masyarakat memiliki kesadaran, memiliki sebuah pemahaman yang sama untuk meningkatkan penwrapan protokol kesehatan dalam kehidupan masing-masing. Diharapkan kedepan masyarakat bisa beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini.

“Ini yang menjadi hal utama ditetapkannya surat edaran ini”, imbuhnya.

Yulindra Dedy mengharapkan dukungan maksimal dari seluruh operator jasa transportasi yang ada di Kalteng terutama angkutan udara, darat dan laut, pada saatnya bersama-sama bisa mensosialisasikan kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Kalteng dan bersama-sama menjalankan kebijakan ini secara maksimal dan konsisten sehingga tujuan memutus mata rantai dan menekan penyebaran Covid-19 di Kalteng bisa dilaksanakan dengan baik.

“Saya yakin dengan adanya kerjasama dan sinergitas seluruh stakeholder, pada saatnya akan menjadi harapan kita untuk Kalteng keluar dari zona merah dan bisa masuk masuk zona hijau. Tentunya akan tercapai dengan kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat”, pungkas Yulindra Dedy.

Diketahui, Surat Edaran Gubernur Kalteng tentang Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Prov. Kalteng dalam Masa Pandemi Covid-19 berlaku efektif mulai tanggal 15 April 2021. Maksud Surat Edaran ini adalah untuk mengatur secara khusus penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan orang masuk wilayah Prov. Kalteng dalam masa pandemi Covid-19. Adapun tujuannya yakni untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan yang produktif dan aman Covid-19 di wilayah Prov. Kalteng, mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19 di wilayah Prov. Kalteng dan melakukan pembatasan secara khusus terhadap pelaku perjalanan pengguna moda transportasi udara, laut dan darat memasuki wilayah Prov. Kalteng.

Diakhir acara, Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan bahwa surat edaran tersebut merupakan salah satu upaya menekan penyebaran Covid-19 agar kesehatan Indonesia pada umumnya dan Kalteng khususnya dapat kembali bangkit.

“Yang paling penting adalah upaya kita untuk menaati protokol kesehatan, itu yang paling penting, sehingga kita harapkan, apapun yang kita lakukan, sekecil apapun yang kita lakukan, pada suatu saat nanti kita berharap kesehatan Indonesia pulih kembali dan Indonesia bangkit”, tandas Agus Siswadi. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook