Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hadiri Lauching Aplikasi SINAR Korlantas Polri

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 April 2021 16:08, Dibaca 89 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nurul Edy mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Lauching Aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi) Korlantas Polri. Kegiatan ini dihadiri Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Mandau Telawang Lt. III Polda Kalteng, Selasa (13/04/2021).

Hadir di Aula Mandau Telawang Polda Kalteng diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng dan jajaran Polda Kalteng.

(Baca Juga : Plt. Gubernur Kalteng Hadiri Rapur ke-8 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020 Tentang APBD Prov. Kalteng TA. 2021)

Aplikasi SINAR dapat memudahkan pengusuran Surat Izin Mengemudi (SIM) di manapun berada. Aplikasi ini digunakan untuk perpanjangan SIM A dan SIM C secara online.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono dalam laporannya menyampaikan gambaran singkat mengenai aplikasi SINAR. Irjen Pol Istiono menyampaikan aplikasi SINAR berbasis mobile dapat diakses melalui flatform digital Korps Lalu Lintas Polri. Aplikasi tersebut bisa diunduh langsung oleh para pengguna smartphone di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Aplikasi Sinar di-launching secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pada kesempatan tersebut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan inovasi dan terobosan pelayanan publik sangat diharapkan oleh masyarakat.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap penggunaan big data berbasis elektronik akan terintegrasi dengan produk Kepolisian berbasis IT lainnya sehingga dapat mempermudah pelaksanaan tugas kedepan sesuai dengan harapan masyarakat.

Melalui Aplikasi SINAR, selain dapat melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C, masyarakat juga dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes.

Khusus perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satpas. Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik. Pemohon harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi Sinar. Untuk diketahui semua golongan SIM bisa menggunakan aplikasi SIM online tersebut. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook