Plt. Gubernur Kalteng Kunjungi Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat di Desa Kepuharjo, Malang

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 November 2020 12:38, Dibaca 35 kali.


MMCKalteng - Jawa Timur - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja (Kunker) Provinsi (Prov) Jawa Timur. Kunker tersebut dalam rangka mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Prov. Jawa Timur, Jumat (20/11/2020).

Tiba di Balittas, Plt. Gubernur beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Balai Titik Sundari beserta jajarannya. Pada kesempatan tersebut, digelar pertemuan antara Plt. Gubernur dengan pihak Balai.

(Baca Juga : PPID Utama Kalteng Ikuti Acara Silahturahmi Nasional Badan Publik & Rakornas ke-11 KI se-Indonesia Tahun 2020)

Dalam pertemuan tersebut, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengungkapkan maksud kedatangnya beserta rombongan ke Balittas. Habib Ismail Bin Yahya mengutarakan bahwa pihaknya ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai potensi atau prospek dari pabrik gula yang ada di Balittas.

"Kami di Kalimantan Tengah memang sudah ada rencana pabrik gula di daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, yang sekarang ini sudah mulai berproses. Jadi kami datang ke sini adalah ingin menimba ilmu dan ingin tahu ke depannya potensi atau prospek dari pabrik gula ini", ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Plt. Gubernur Kalteng juga mengutarakan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah mempercayakn Prov. Kalteng sebagai program ketahanan Pangan Nasional yaitu program Food Estate yang merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Habib Ismail Bin Yahya mengharapkan dukungan dari Balittas untuk mensukseskan program Pemerintah Pusat tersebut .

"Kami minta kiat-kiatnya, apa saja yang perlu kami persiapkan, agar tanaman ini bisa benar-benar menjadi komoditas andalan kami, dari sekarang hingga masa yang akan datang", tutur Plt. Gubernur.

Kedatangan Plt. Gubernur beserta rombongan disambut baik oleh pihak Balittas yang bersedia memberikan informasi tentang pengembangan tanaman tebu yang ada di Balittas. Kepala Balittas Malang Titik Sundari menerangkan bahwa pengembangan tanaman tebu memiliki prospek cukup menjanjikan, mengingat produksi gula dalam negeri masih sangat kurang. Pada tahun 2019, kebutuhan gula Nasional itu 5,8 juta ton, untuk kebutuhan konsumsi itu 2,8 juta ton dan untuk industri ada 3 juta ton. Sementara, produksi nasional kurang lebih mencapai 2,2 juta ton, sehingga masih defisit sekitar 3,6 juta ton.

Titik Sundari juga memberikan informasi mengenai peningkatan produktivitas gula dan tanaman tebu dan juga terkait pendirian pabrik gula baru. Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur Kalteng diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng.(Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng) 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook