Pemprov Kalteng Lakukan Pencanangan Pemberian Vaksinasi Covid-19 Kedua

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Februari 2021 11:01, Dibaca 227 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) melaksanakan pencanangan pemberian vaksinasi COVID-19 kedua, bertempat di Puskesmas Menteng, Palangka Raya, Senin (01/02/2021). Penyelenggaraan vaksinasi  kedua kali ini diadakan setelah sebelumnya Pemprov. Kalteng mengadakan vaksinasi perdana pada hari Kamis 14 Januari 2021 dimana berdasarkan arahan dan instruksi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), pemberian vaksinasi COVID-19 di Kalteng perdana diberikan kepada beberapa Pejabat Publik Pemerintah Daerah Kalteng, Organisasi Profesi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kalteng. 

Adapun pejabat yang menerima vaksinasi pada kesempatan kedua kali ini diantaranya Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng Rian Tangkudung dan Kepala Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BB BPOM) Palangka Raya Leonard Duma. 

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Sampaikan Langkah-Langkah Strategis Pengendalian Karhutla 2020)


“Vaksin itu sekaligus bisa membantu memberi perlindungan”, ucap Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul saat memberikan keterangan usai menerima vaksinasi tahap kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul menerangkan sampai dengan akhir Januari 2021 sudah kurang lebih 800 orang yang melakukan vaksinasi kedua di-Kalteng.

“Sampai malam tadi yang sudah melakukan vaksinasi kedua se-Kalteng itu kurang lebih 800 orang. Dilakukan secara bertahap”, tutur Suyuti Syamsul.

Suyuti Syamsul mengatakan untuk vaksinasi pertama, angkanya sudah cukup bagus.

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan semakin bagus lagi”, imbuhnya.

Suyuti Syamsul juga mengatakan Pemerintah mentargetkan akhir Februari pemberian vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan selesai. 

“Saya sangat berharap tenaga kesehatan bisa diselesaikan paling lambat akhir Januari”, katanya.

“Kita akan memasuki sasaran baru 17 Juta se-Indonesia yaitu TNI, Polri, Tenaga Pendidik, Pedagang Pasar, pelaku ekonomi, ada kurang lebih 17 Juta”, tambah Suyuti Syamsul.

Untuk Kalteng sendiri, Suyuti Syamsul mengatakan kurang lebih 50 Ribu sasaran baru yang akan menerima vaksinasi Covid-19.

“Untuk Kalteng saya kurang tahu, tapi kurang lebih diangka 50.000”, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Suyuti Syamsul mengutarakan kepada seluruh masyarakat Kalteng bahwa vaksinasi dijamin keamanan dan kehalalannya.

“Ini adalah salah satu upaya yang dianggap paling bagus dalam rangka memberikan perlindungan  terhadap penyakit. Vaksinasi atau imunisasi yang secara umum, itu bukan hanya dilakukan saat ini, itu sudah ratusan tahun yang lalu. Hasilnya luar biasa”, tutup Suyuti Syamsul.(WDY/Foto:Fery)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook