Ketua DPRD Dukung Komitmen Gubernur Berantas Korupsi

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 07 April 2021 10:57, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Besarnya komitmen Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran memberantas tindak korupsi di Bumi Tambun Bungai mendapat dukungan penuh dari dari Ketua DPRD Kalteng Wiyatno. Menurut Wiyatno, saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan korupsi, Direktur Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah III KPK Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama menyampaikan, dari 34 Provinsi di Indonesia, 27 diantaranya memiliki kasus korupsi. Kalteng berada di posisi dua paling bawah dengan jumlah lima kasus korupsi, terhitung sejak tahun 2004 hingga 2020.

“Ini menandakan jika masih banyak daerah-daerah yang masih belum terbebas dari korupsi. Salah satunya Kalteng,” kata Wiyatno usai memimpin rakor dengan jajaran KPK di gedung dewan, Selasa (6/4/2021).

(Baca Juga : Dewan Ingatkan Unjuk Rasa Harus Sesuai Aturan Hukum )

Ia juga berharap dari apa yang telah disampaikan Direktur Korsup Wilayah III KPK itu dapat menjadi pembelajaran ke depannya serta memperkuat komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) di dalam memberantas tindak korupsi di Kalteng. Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga menilai, untuk menghentikan kasus korupsi perlu 4 tindakan tegas. Pertama, membangun karakter diri dengan cara menanamkan nilai-nilai moral tentang arti penting sebuah kejujuran.

Kedua, memberikan penghargaan berupa gaji yang memadai guna mencegah perilaku korup. Ketiga, membangun sistem yang mempersulit ruang gerak atau tidak memberi peluang/ruang sedikitpun untuk melakukan tindak korupsi. Keempat, yaitu upaya penegakkan hukum yang kuat dan tidak tebang pilih. 

“Apabila moral sudah dibangun, gajih sudah dinaikkan dan sistem sudah baik maka tindakan hukum adalah pamungkas. Kita juga memberikan dukungan penuh komitmen Gubernur agar memberantas korupsi di Bumi Tambun Bungai ini,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook