Kalaksa BPBPK Dampingi Sekda Prov Kalteng Dalam Acara Webinar Knowledge Sharing Hidrometeorologi Basah dan Hidrometeorologi Kering

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 05 Maret 2021 22:08, Dibaca 129 kali.


MMCKateng – Palangka Raya - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar webinar rapat koordinasi dalam rangka penguatan koordinasi dan sinergitas penyelenggaraan penanggulangan bencana. Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 ini mengangkat tema “Tangguh Hadapi Bencana” yang dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI secara virtual melalui zoom meeting, Jumat (5/3/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mengikuti rapat koordinasi tersebut dari ruang rapat Sekda Prov. Kalteng. Turut hadir mendampingi Sekda Prov. Kalteng, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng H. Darliansjah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy dan perwakilan dari BMKG Palangka Raya Anton Budiono.

(Baca Juga : Lima Rekomendasi Rapat Koordinasi Evaluasi Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020 )

 

Ada 6 poin penting yang diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dalam menanggulangi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pertama, prioritas pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui koordinasi dengan baik. Kedua, pengawasan infrastruktur dan pengawasan harus sampai di tingkat bawah dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Ketiga, solusi pencegahan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di tahun-tahun mendatang.

"Keempat, terus melanjutkan penataan ekosistem gambut dan kawasan hidrologi Gambut untuk menjamin air tanah. Kelima, tanggap dan segera antisipasi titik api kecil jangan dibiarkan api membesar, sehingga sulit dikendalikan. Keenam, langkah penegakan hukum harus dilakukan tanpa kompromi serta bagi orang yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik di konsesi maupun perkebunan," ucap Presiden. 

Sebagai upaya pencegahan Karhutla di Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memberlakukan Implementasi Peraturan Daerah Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kebakaran Lahan. Selain itu juga melaksanakan rapat-rapat koordinasi pemantapan pencegahan Karhutla, komitmen bersama untuk mewujudkan Kalteng bebas kabut asap 2021, pelatihan pengelolaan lahan tanpa bakar (PLTB) yang didukung oleh badan restorasi gambut (BRG), optimalisasi peran pentahelix dalam pencegahan Karhutla, dan mengaktifkan Satgas Pencegahan atau Posko Lapangan di setiap Kelurahan/Desa yang rawan Karhutla (Personilnya berasal dari unsur pemerintahan setempat, TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, relawan dan tugasnya melakukan patroli, sosialisasi dan penyadartahuan karhutla, serta melakukan pemadaman baik secara dini atau pemadaman gabung jika ada karhutla).

Dalam kesempatan itu Fahrizal Fitri menyampaikan kesiapan Kalimantan Tengah menghadapi Karhutla Tahun 2021 dan akan segera menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021, yang dimulai pada bulan Maret 2021.

“Aktivasi Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Tengah, Penyediaan anggaran penanganan Karhutla melalui APBD Provinsi Kalimantan Tengah (Murni dan DBH DR), Belanja Tidak Terduga, dan Dana Tugas Pembantuan Badan Restorasi Gambut (BRG). Kesiapan personil penanganan karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 8.312 orang. Kesiapan peralatan penanganan karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan Permohonan dukungan Water Bombing dan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke BNPB,“ tuturnya. (Pky.5/3/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook