Meminimalisir Potensi Karhutla di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 20 April 2021 11:02, Dibaca 117 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) dalam menghadapi kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), salah satunya dengan melakukan pemadaman dini. Pemadaman dini dilakukan dalam meminimalisir kejadian yang berpotensi terjadinya Karhutla secara meluas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBPK Prov. Kalteng Kibue A.Md.Kep, S.Sos, M.AP mengatakan, "Pada saat ini di beberapa daerah di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng masih terjadi hujan lebat hingga sedang dan apabila ada kejadian Karhutla dapat diatasi sedini mungkin oleh pihak terkait di Kabupaten dan Kota,“ ucapnya, Selasa (20/4/2021). 

(Baca Juga : ASN Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Salurkan Bantuan )

“Data kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng dari Januari sampai tanggal 19 April 2021, terdapat di Kabupaten Barito Utara sebanyak 3 kali kejadian, di Kabupaten Gunung Mas sebanyak 1 kali kejadian, di Kabupaten Kapuas sebanyak 1 kali kejadian, di Kabupaten Katingan sebanyak 9 kali kejadian, di Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 24 kali kejadian, di Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 8 kali kejadian, di Kabupaten Lamandau sebanyak 4 kali kejadian, di Kabupaten Murung Raya sebanyak 3 kali kejadian, di Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 1 kali kejadian, di Kabupaten Seruyan sebanyak 3 kali kejadian, di Kabupaten Sukamara sebanyak 6 kali kejadian dan di Kota Palangka Raya sebanyak 5 kali kejadian,“ jelasnya.

“Dari data kondisi terkini selama 24 jam tanggal 19-20 April 2021 kemarin, Rekapitulasi Hotspot kejadian dan luas kebakaran yang terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Citra Satelite Terra, Aqua dan SNPP terdapat titik hotspot dengan Convidence 0 – 100 % terdapat 1 titik hotspot di Kabupaten Kapuas dengan tingkat Convidence Medium atau sekitar 30% Conviden dan di Kabupaten Katingan terdapat 2 titik hotspot dengan Conviden Low-Medium atau sekitar 29-30% Conviden,“ tutupnya. (Pky.20/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook