Kemenag Lamandau Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 05 Maret 2021 16:00, Dibaca 181 kali.


MMCKalteng – Lamandau – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamandau pada Jum’at (5/3/2021) menggelar pembinaan penyuluh agama Islam. Tidak kurang dari 30 penyuluh agama Islam PNS dan non PNS mengikuti kegiatan tersebut.

Sejumlah narasumber dihadirkan, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid. Pembinaan diselenggarakan di aula Kantor Kemenag setempat.

(Baca Juga : Menag Sambut Baik Peresmian Bank Syariah Indonesia)

Kakanwil mengatakan, penyuluh agama memiliki posisi strategis dalam menunjang program pemerintah, khususnya program Kementerian Agama yang ingin menghadirkan nilai-nilai moderasi beragama di masyarakat. Pasalnya, penyuluh agama akan selalu dekat dengan masyarakat. Berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan mampu menjangkau masyarakat secara luas.

“Dan saya yakin penyuluh agama dengan kearifan lokal mampu mendekati masyarakat dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan,” ujarnya.

Mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini meminta para penyuluh untuk terus melengkapi diri dengan berbagai kemampuan, termasuk dengan kemampuan dan penguasaan teknologi informasi.

“Karena dakwah tidak hanya bisa disampaikan secara langsung, namun dapat pula diberikan melalui media sosial, ini memerlukan penguasaan teknologi informasi,” kata H. Abd. Rasyid.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lamandau Hamim menuturkan, penyuluh agama Islam PNS dan non PNS selama ini telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Keberadaan penyuluh diyakini akan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan masyarakat.

“Kehadiran bapak Kakanwil dalam pembinaan ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para penyuluh karena dapat mengetahui perkembangan kebijakan Kementerian Agama terbaru dalam hal penyuluh agama,” kata Hamim. (Canggih/Yahya)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook