Tim Pengawasan dan Pengamatan Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II Kunjungi LPKA Kelas II Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 29 Januari 2021 14:19, Dibaca 89 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Pengawas dan Pengamat (Timwasmat) Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II melakukan kunjungan ke LPKA Kelas II Palangka Raya dan disambut dengan baik oleh Kepala LPKA Ngadi. Kunjungan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19, Jumat (29/1/2021). Kegiatan ini juga merupakan bentuk silahturahmi antara Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II dengan LPKA Kelas II Palangka Raya.

Tim Pengawas dan Pengamat dari Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II langsung memasuki area ruang pembinaan dimana anak didik sedang melaksanakan kegiatan rekreasi yaitu menonton acara siaran televisi. Tim Pengawas dan Pengamat memberikan wawancara langsung dengan anak didik pemasyarakatan dalam kegiatan kunjungan tersebut.

(Baca Juga : Kalapas Terima Kunjungan Kepala BPS Kabupaten Barito Utara)


Fega U, selaku Tim Pengawas dan Pengamat Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II menyampaikan, "Kalian semua ikuti pembinaan yang ada di LPKA ini ya, harus baik-baik di sini dan ikuti kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan dorongan semangat bagi ade-ade sekalian, nanti kalau sudah keluar dari LPKA merasa bahagia dan mempunyai ilmu pengetahuan yang luas," ujarnya kepada anak didik.

Diadakannya pengawasan dan pengamatan terhadap anak didik adalah untuk mengetahui bagaimana jalannya pelaksanaan putusan (eksekusi) terhadap anak didik yang berstatus narapidana. Hal ini untuk memberikan masukan/saran kepada instansi terkait untuk lebih meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas pokoknya masing-masing, salah satunya diperoleh putusan yang lebih memenuhi rasa keadilan, kepastian dan kemanfaatan.


Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya menyampaikan, "Saya sangat mengapresiasi adanya kedatangan dari Tim Timwasmat Pengadilan Negeri Kasongan Kelas II untuk berkunjung ke LPKA ini, dan melihat secara langsung apa saja kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh anak didik di LPKA, ini tidak semata-mata hanya berkunjung, tetapi memberikan edukasi ataupun bentuk pertanyaan kepada anak didik yang berhadapan dengan hukum sehingga mereka mengerti hukum yang diterima mereka bersifat berkeadilan dan tidak timpang sebelah dan ini merupakan informasi penting bagi mereka (anak didik) guna memahami bahwa hukum itu harus bersifat adil," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Januari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook