Kemenag Kapuas Lakukan Penilaian Arsip

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 26 Februari 2021 11:51, Dibaca 174 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas mulai melaksanakan penilaian dokumen arsip. Penilaian diantaranya telah dilakukan pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Seksi Bimas Islam, Seksi Pendidikan Agama Islam, dan Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah.

Arsiparis Kemenag Kapuas G.A Kristha Adelia Indraningsih mengatakan, penilaian dokumen arsip dilanjutkan sesuai jadwal yang sudah dibuatkan dengan kesiapan pada masing-masing unit kerja.

(Baca Juga : Rutan Kuala Kapuas Gelar Acara Peringatan Isra’ Mi’raj 1442 H dan Peringatan Haul Abah Guru Sakumpu Ke-16)

“Sudah dibentuk tim penilaian yang terdiri dari Kepala Seksinya masing-masing dan sudah ada melaksanakan penilaian arsip dokumennya,” ucap Adelia, Jum’at (26/2/2021).

“Dari penilaian arsip yang sudah ada rata-rata dokumen sudah berstatus inaktif dan beberapa lagi sudah bisa dimusnahkan,” tambahnya.

Penilaian arsip ini akan terus dilakukan. Prioritasnya pada Kantor Kemenag Kapuas, dilanjutkan pada arsip di madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan secara bertahap dan terjadwal. 

Terpisah, Plt. Kepala Kantor Kemenag Kapuas H. Hamidhan mengatakan, permasalahan utama arsip di Kantor Kemenag Kapuas adalah penumpukan arsip di setiap ruangan kerja. Pembenahan dilakukan perlahan, dimulai melakukan penilaian terhadap arsip yang ada.

“Adanya penilaian ini membuat kami memilah dan memilih arsip yang aktif, inaktif, permanen, dan dimusnahkan. Saya mengharapkan unit kerja masing-masing bekerja sama dengan pengelola arsip, bantu menyediakan arsipnya agar bisa dinilai dan diidentifikasi sehingga arsip bisa tertata dan terkelola dengan baik,” ujar Hamidhan. (Rima)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook