Lapas Sukamara Ikuti Pembahasan Pelaksanaan Latihan Keterampilan Bersertifikat Bagi Narapidana

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Februari 2021 17:03, Dibaca 54 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Dua orang petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara dari Sub Seksi Pembinaan, Muhammad Irvan Al Rasyid dan Kristoni mengikuti Pembahasan pelaksanaan kegiatan latihan keterampilan bersertifikat bagi narapidana di Lapas Medium dan Lapas Minimum Tahun Anggaran 2021 serta penunjukkan Lapas yang menjadi pilot project secara virtual, Kamis (25/02/2021). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Berdasarkan Target dan Alokasi Anggaran Pembinaan Kemandirian Tahun Anggaran 2021 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengenai target jumlah narapidana yang mendapatkan pelatihan keterampilan bersertifikat dan besaran anggaran pembinaan pelatihan keterampilan bersertifikat di Lapas Medium dan Lapas Minimum.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Thurman S. M. Hutapea menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan Warga Binaan di Lapas dengan sertifikasi harus dengan memanfaatkan ketersediaan yang ada.

(Baca Juga : Rutan Kuala Kapuas Adakan Razia Gabungan Dengan Polres)


"Pelaksanaan kegiatan pelatihan kepada WBP harus memanfaatkan komoditi alam maupun kearifan lokal yang ada dalam mendorong peningkatan PNBP. Kita mengharapkan adanya gebrakan-gebrakan baru dari tiap-tiap UPT melalui keterampilan para narapidana melalui pelatihan dan sertifikasi yang diadakan," tuturnya.

Ia juga mengatakan dengan diadakannya pelatihan bersertifikat diharapkan mampu melahirkan orang-orang yang terampil yang juga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

"Dari pelatihan yang akan kita berikan nantinya diharapkan mampu melahirkan narapidana yang terampil. Dengan memanfaatkan lahan-lahan yang kosong yang ada di lapangan guna meningkatkan produksi ketahanan pangan melalui kerja terampil para narapidana yang ditujukan bagi kepentingan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat umum," tambahnya.


Menanggapi hal tersebut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno menuturkan bahwa untuk saat ini Lapas Sukamara telah melakukan pemanfaatan lahan secara maksimal.

"Pemanfaatan lahan telah kita lakukan secara maksimal dengan mengembangkan agrowisata saat ini. Hal tersebut kita lakukan untuk membuat sesuatu yang baru bagi Lapas Sukamara. Melalui agrowisata ini kita harapkan mampu untuk menjadi salah satu penopang ketahanan pangan di Kabupaten Sukamara dan pemasukan PNBP," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook