Penggunaan Masker yang Benar, Cegah Penularan Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 26 Februari 2021 13:40, Dibaca 153 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melaksanakan sosialisasi dan edukasi pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kali ini, sosialisasi dan edukasi dilaksanakan di Pasar Tradisional di Jalan G. Obos XII, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Jumat (26/2/2021). 

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng melalui Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Bidang Kesehatan Erlin Hardi, ST mengatakan, menggunakan masker yang benar sangat penting untuk meningkatkan efektivitas masker dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Saat menggunakan masker, masyarakat harus memahami hal tersebut agar penggunaan masker efektif mencegah penularan Covid-19. 

(Baca Juga : Kampanye Gerakan Pakai Masker Tahun 2020)

“Ada tiga jenis masker yang bisa digunakan, yakni masker medis, masker kain, dan masker KN95. Dalam sosialisasi dan edukasi yang disampaikan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, kami menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan masker yang memiliki katup udara, sebab keberadaan katup udara pada masker bisa menjadi celah masuknya virus,“ ucapnya. 

“Menggunakan masker salah satu langkah pencegahan yang dapat membatasi penyebaran penyakit saluran pernapasan tertentu yang diakibatkan oleh virus, termasuk Covid-19 ini. Namun, menggunakan masker saja tidak cukup memberikan tingkat perlindungan yang memadai, dan harus dilakukan juga langkah-langkah lain. Kami sangat menganjurkan kepatuhan disiplin menerapkan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” sambungnya. 

“Langkah-langkah penting tersebut kami anjurkan kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 yang menular antar manusia atau dari orang ke orang,” tutupnya. (Pky.26 / 2/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook