Dislutkan Kalteng Ikut Memeriahkan Puncak Hari Ikan Nasional Ke-7 Tahun 2020, Pameran Produk Olahan Ikan Diselenggarakan Secara Virtual

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 26 November 2020 11:39, Dibaca 1,467 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Hari ikan Nasional (HARKANNAS) diperingati setiap tanggal 21 November yang ditetapkan berdasarkan Keppres No 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi dan juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dengan tetap berprinsip pada pelestarian alam. Tahun 2020 merupakan peringatan yang ke-7 Harkannas dengan mengangkat tema ”Makan Ikan Tingkatkan Imunitas Lawan Covid dan Stunting”.

Tahun ini adalah peringatan Harkannas berbeda dengan kebiasaan peringatan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini dunia sedang dilanda oleh Pandemi Covid 19. Secara Nasional Puncak Peringatan Harkannas tahun 2020 dilaksanakan pada hari Kamis (26/11/2020) dimulai pukul 08.30. Acara dilaksanakan secara daring seluruh Indonesia dengan rangkaian acara makan ikan serentak dari 34 Provinsi, Live zoom pameran produk perikanan dari 34 Provinsi, Launching Aplikasi Gemar Ikan, Masak Ikan bersama, Talkshow “Ikan untuk Indonesia Maju” serta konser Ikan.

(Baca Juga : Silaturahmi di Penghujung Tahun 2023, Dislutkan Prov. Kalteng Selenggarakan Ibadah dan Perayaan Natal)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan bahwa pada peringatan Harkannas, Dislutkan Kalteng juga berpartisipasi aktif ikut ambil bagian dalam acara puncak yaitu dengan mengikuti 2 agenda kegiatan makan ikan serentak di 34 Provinsi dan ikut pameran produk perikanan secara zoom. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa hidangan makan ikan serentak akan disajikan makanan khas Kalimantan Tengah berupa : panggang kalok ikan Gabus, kandas sarai ikan patin, juhu rimbang (terung asam), singkah umbut campur kepala patin, ikan lais krispy dan pepes ikan saluang.


”Saya berharap kuliner ikan masyarakat Kalteng akan menjadi menu unggulan yang mampu menembus Nasional,” tandasnya.

Sementara, untuk Pameran Produk Perikanan yang dilakukan secara live zoom, produk-produk yang ditampilkan berupa produk unggulan UMKM Pengolahan Ikan dari Kalimantan Tengah seperti Produk Olahan Amplang Syarifah Salmah dan Salbiah Abuk dari Kotawaringin Barat, Abon ikan gabus berbagai rasa dari PMEFS, Lais, saluang dan Bilis Crispy goreng olahan Tampung Parei, Pempek ikan gabus, ikan belida dan ikan tenggiri olahan Pempek Dapur S’Best Kota Palangka Raya.

”Saya yakin dan percaya produk olahan ikan UMKM Kalteng akan mampu bersaing dan pemasarannya ke seluruh Indonesia,” jelas Kadislutkan Kalteng.


Dalam peringatan Harkannas tahun 2020 beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Dislutkan Kalteng melalui bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran antara lain :  Bimbingan Teknis Budidaya Perikanan di desa terusan Mulya kecamatan Bataguh kabupaten Kapuas, Bimtek Pengolahan Hasil Perikanan untuk ibu-ibu UMKM Perikanan dengan materi bimtek cara Kemasan Produk yang memenuhi standar mutu dan praktik keterampilan pembuatan pempek ikan gabus,  di Kecamatan Kereng Bangkirai dan Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Penyerahan bantuan benih ikan dan pakan ikan untuk Kelompok Pembudidaya ikan dan lembaga keagamaan yang memenuhi syarat administrasi dan teknis di Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau dan kota Palangka Raya.

Adapun jumlah benih ikan yang dibagikan tersebut adalah sebagai berikut : kabupaten Kapuas 150.000 ekor benih patin; pakan benih  520 kg  dan pakan induk 1.800 Kg, kota Palangka Raya 55.000 ekor benih ikan patin dan 38.000 benih ikan nila, pakan benih  240 kg  dan pakan induk 1.200 Kg dan untuk kabupaten Pulang Pisau 150.000 ekor benih patin; pakan benih  190 kg  dan pakan induk 1.560 Kg. Untuk Kabupaten Pulang Pisau distribusinya akan dilaksanakan pada awal minggu pertama bulan Desember ini.

Darliansjah berharap kiranya bantuan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dislutkan Kalteng dapat membantu meningkatkan keterampilan yang pada gilirannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terakhir beliau mengingatkan agar dalam melalukan aktivitas untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Ayo makan ikan, makan ikan sehat, makan ikan kuat makan ikan cerdas, makan ikan yes yes yes. (Adt/ Foto: Ulfi)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook