Covid-19 Masih Mengancam, Relawan Gigih Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 04 Februari 2021 15:31, Dibaca 336 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pencegahan penularan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dapat dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi. Yang dimaksud dengan disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran untuk membasmi kuman penyakit yang ditularkan antar manusia. Penyemprotan disinfektan tersebut dilaksanakan oleh tim yang tergabung dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah di area Kelurahan Bukit Tunggal Palangka Raya, Kamis (4/2/2021).

Kepala Bidang Relawan Kibue mewakili Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi. Penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi tersebut sebagai upaya pemusnahan atau eliminasi semua mikroorganisme, termasuk spora bakteri yang sangat resisten. Sedangkan disinfeksi adalah sebuah proses menghilangkan, mencegah, atau mengurangi mikroorganisme seperti virus, kuman, dan bakteri yang berbahaya dari sebuah benda mati dan permukaannya. Sementara  itu penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi merupakan upaya untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19.

(Baca Juga : Jelang Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Keluarkan Surat Edaran)

“Harapan kami, masyarakat juga ambil bagian dalam upaya memutus penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan masing-masing. Selain itu masyarakat juga diharapkan dapat melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri atau melalui swada masyarakat setempat,” tutupnya. 

Salah seorang warga Kelurahan Bukit Tunggal Ardi menyampaikan, ”Alhamdulillah sangat terbantu sekali adanya penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi oleh  Satgas Penanganan Covid-19 Prov Kalteng,” ucapnya.

“Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 melalui tokoh masyarakat, warga dihimbau agar menjalankan perilaku hidup sehat, sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan sehat, meningkatkan daya tahan tubuh dan selalu melakukan aktivitas olahraga dan juga berdoa agar dihindarkan dari penularan Covid-19,” tutupnya. (Pky.4/2/2021/AbR&Dewis/foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng).

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook