Launching si Romi Sahabat UMKM Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Iin Carolina, 17 Oktober 2018 22:12, Dibaca 1,556 kali.


MMCKalteng - UMKM merupakan usaha kerakyatan yang saat ini mendapat perhatian dan keistimewaan yang di amanatkan oleh Undang - Undang, antara lain bantuan kredit usaha dengan bunga rendah, kemudahan persyaratan izin usaha, bantuan pengembangan usaha dari lembaga pemerintah, serta beberapa kemudahan lainnya.

Bidang-bidang UMKM beragam mulai dari fashion, kuliner, kerajinan hingga pertanian dan UMKM juga menerapkan asas kebersamaan, ekonomi yang demokratis, kemandirian, keseimbangan kemajuan, berkelanjutan, efisiensi keadilan, serta kesatuan ekonomi nasional.

(Baca Juga : Pemberian Izin Mendirikan Bangunan Harus Selektif)

Berdasarkan hal tersebut, Ivoni sebagai Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro membuat suatu Inovasi dalam rangka Proyek Perubahan Diklat Pim III Tahun 2018 dengan judul Si Romi  (Aplikasi Lokasi Informasi dan Promosi) Sahabat UMKM Kota Palangka Raya yang memfasilitasi para UMKM yang ada di Kota Palangka Raya untuk memasarkan produknya secara online.

Sistem aplikasi informasi akan diambil berdasarkan titik koordinat/titik letak tempat usaha yang nantinya akan dimasukkan dalam google maps sehingga memudahkan mencari tempat produk UMKM.

Hal ini diangkat dikarenakan belum ada tempat/wadah untuk mempromosikan produk usaha kecil mikro yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Palangka Raya, dengan membuka kran sebagai media promosi sehingga produk boleh dkenal , baik di dalam daerah, luar daerah bahkan di kenal dalam skala nasional dan internasional.

Ivoni mengatakan si Romi Sahabat UMKM Kota Palangka Raya bekerja sama dengan PT.Telkomsel dan Kalteng Pos membantu memberikan fasilitas untuk mengetahui lokasi tempat usaha, untuk promosi produk - produk unggulan dari Kota Palangka Raya seperti kerajinan, kuliner yang menjadi ciri khas Kalimantan Tengah.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook