Tetapkan Gunung Lumut Jadi Cagar Budaya

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 20 Januari 2021 07:02, Dibaca 67 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Masyarakat Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara (Barut) meminta kepada pemerintah untuk menetapkan wilayah Gunung Lumut sebagai salah satu cagar budaya. Pasalnya, di wilayah itu saat ini sering dilakukan pencurian kayu oleh oknum pengusaha.

Hal itu disampaikan masyarakat setempat ketika bertemu tim reses DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV meliputi Kabupaten Barut, Murung Raya (Mura), Barito Timur (Bartim) dan Barito Selatan (Barsel), beberapa waktu lalu. Anggota DPRD Kalteng dari Dapil IV Hj Sri Neni Trianawati saat menyampaikan hasil reses pada rapat Paripurna ke-2 masa persidangan I tahun sidang 2021, Senin (18/1/2021) mengatakan, pada masa reses ketiga tahun sidang 2020 lalu salah satu objek kunjungan tim reses Dapil IV adalah Kecamatan Gunung Timang.

(Baca Juga : Hasil Laut Seruyan Rawan Dicuri)

Dari pertemuan dengan jajaran pemerintah Kecamatan serta masyarakat di wilayah itu, banyak aspirasi serta usulan yang disampaikan diantaranya terkait usulan agar di wilayah Kecamatan Gunung Timang khususnya wilayah Gunung Lumut segera ditetapkan menjadi cagar budaya.

“Saat kita reses ke Kabupaten Barut, khususnya ke Kecamatan Gunung Timang, ada usulan agar di daerah itu ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya khususnya gunung Lumut,” kata Sri.

Dikatakan, usulan itu disampaikan karena masyarakat setempat khawatir jika tidak ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya, kayu dan hasil alam di wilayah itu akan habis dicuri oleh sejumlah oknum pengusaha.

“Dari penjelasan masyarakat setempat, kalau dibiarkan akan banyak pengusaha yang mengambil kayu dari wilayah tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain bidang pemerintahan ada juga usulan untuk pembangunan di bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra). “Diantaranya usulan pembuatan pagar sekolah dan paving untuk halaman sekolah SMA 1 Gunung Timang,” pungkas Anggota Komisi III DPRD Kalteng ini. (Rovie / Foto: Rovie) 

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook