Peringati Peristiwa 14 Januari 1946 Kumai, Badan Kesbanpol Kobar bersama AMPP Kumai Tanam Pohon Mangrove

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 17 Januari 2021 09:44, Dibaca 145 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama dengan Angkatan Muda Penerus Perjuangan (AMPP) Kumai menggelar penanaman bibit mangrove. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan pertempuran 14 Januari 1946 yang digelar setiap tahunnya.

Penamaman mangrove dilaksanakan di RT 10 Dusun Umbang, Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai pada Minggu (17/1/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, para pemuda Kumai dan Ahli Waris Pejuang Kumai.

(Baca Juga : UKK Imigrasi Di Kobar Resmi Beroperasi)

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kobar melalui Kabid Bina Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Taupikur Rahman mengatakan bahwa tahun 2021 ini peringatan peristiwa bersejarah Pertempuran 14 Januari 1946 itu sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Hal ini disebabkan oleh situasi pandemi Covid-19, sehingga kami tidak bisa menggelar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Maka acara tabur bunga, penyerahan tali asih kepada ahli waris pejuang Kumai dan lainnya dilakukan dengan tidak melibatkan orang banyak, artinya kita ikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan Protokol Kesehatan,” ujar Taupikur Rahman.

Kegiatan penanaman mangrove ini, lanjut Rahman, memang rutin digelar AMPP Kumai bekerjasama dengan Badan Kesbangpol. Selain kegiatan penanaman mangrove ini sebelumnya juga digelar penyerahan tali asih pada keluarga pejuang serta tahlilan.

“Tujuannya memang untuk menjaga pantai kita agar tidak tergerus abrasi air laut. Dan hari ini kita menanam sekitar 1000 bibit mangrove di Pantai Dusun Umbang ini,” ujar Rahman lagi.

“Semoga semangat perjuangan para pejuang 14 Januari 1946 semakin diteladani oleh generasi muda untuk membangun negara, khususnya Kabupaten Kobar dan Kecamatan Kumai dari kegiatan tersebut untuk menghormati dan mengenang kembali jasa-jasa pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan khususnya mengenang kembali Peristiwa Pertempuran 14 Januari 1946 di Kumai dan sekitarnya. Sekaligus, mewarisi nilai-nilai perjuangan para pejuang tersebut,” pungkasnya. (kesbangpol kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook