Taat Pakai Masker, Bentengi Diri Tertular Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 03 Januari 2021 14:56, Dibaca 94 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Salah satu upaya membentengi diri pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) adalah memakai masker. Pemakaian masker terutama pada saat beraktivitas di luar rumah merupakan sebuah keharusan. Masker akan membentengi diri dari resiko tertular virus covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H.Darliansjah melalui Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Kibue menyampaikan, ”Memakai masker sebagai bentuk perlindungan diri dan orang lain agar tidak tertular Covid-19. Masker akan melindungi diri dari cipratan droplet saat berbicara, batuk, atau bersin,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Minggu (3/1/2021). 

(Baca Juga : Memperingati HUT Ke-75 RI, SMA Negeri 1 Palangka Raya Gunakan Moda Daring dan Luring )

“Sekiranya masyarakat dapat mendisiplinkan diri dalam hal selalu menggunakan masker demi menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Ingat, kita semua harus punya kesadaran akan pentingnya memakai masker demi kesehatan bersama. Jadi, selalu gunakan masker sebelum melangkah keluar dari rumah,” sambungnya.

Saat ditemui oleh Tim Informasi dan Publikasi, pemilik warung Bakso Mas Agung di Jalan RTA Milono Komplek Perumahan Kalibata, Agung Cahyono menyampaikan, ”Sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular Covid-19 saya mewajibkan pengunjung memakai masker dan mencuci tangan. Apabila pengunjung tidak memakai masker, saya telah menyediakan masker sekali pakai yang saya kasih secara gratis khusus untuk pengunjung warung bakso saya,” ucapnya.

“Upaya saya selanjutnya yaitu membuat jarak tempat duduk. Dalam satu meja yang boleh duduk empat orang saja dan apabila dalam satu keluarga yang datang lebih dari empat orang, maka saya buat jarak dalam satu meja, ada yang tiga orang dan pada meja berikutnya dua orang dan tidak boleh berkerumun,” sambungnya.

Sementara itu penjual soto keliling di Komplek Perumahan Bangas Permai Yuliani menyampaikan, ”Upaya saya yaitu selalu memakai masker dan selalu mencuci tangan, dan ada juga menyediakan Hand Sanitizer. Saya juga menghimbau kepada para pelanggan agar selalu memakai maskernya dengan benar, apabila ada yang lalai ataupun ada yang lupa,” tuturnya. (Pky. 3/1/2021 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook