Pemerintah Hadapi Pandemi Covid-19 dengan Pemberian Bansos

Kontribusi dari Rikah Mustika, 21 November 2020 15:08, Dibaca 3,719 kali.


Berkenaan dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak COVID-19, pihak Pemprov Kalimantan Tengah akan kembali menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak COVID-19. Pemprov Kalimantan Tengah telah merencanakan penyaluran bantuan sosial ini secara baik dan cermat sejak awal terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia sebagai bentuk antisipasi Pemerintah untuk menangani permasalahan yang terjadi pada masyarakat.

Adapun tujuan dari diadakannya program bantuan sosial tersebut dari tahap pertama hingga ketiga ialah untuk memperkuat bidang Jaring Pengaman Sosial. Bantuan sosial tahap pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya berupa uang tunai memiliki tujuan utama untuk menopang kebutuhan masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi COVID-19. Kemudian dilanjutkan dengan bantuan sosial tahap kedua yang memiliki tujuan tambahan untuk mendukung serta memastikan pemulihan kesehatan dan gizi masyarakat. Pada tahap tersebut, bantuan sosial yang disalurkan berupa sembako (bahan pangan).  

(Baca Juga : Implementasi pada Konstelasi Bangsa)

Plt. Kadis Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Rian Tangkudung, M.Kes menjelaskan bahwa pada tahap ketiga ini nantinya akan disalurkan kembali dalam bentuk uang tunai. Hal ini bertujuan agar bantuan sosial tersebut nantinya dapat berdampak positif dalam bidang Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi.  “Dengan menggelontorkan Bansos berupa tunai maka diharapkan uang yang diterima masyarakat, akan dibelanjakan untuk kebutuhan pokok pada sektor UKM. Dengan demikian perekonomian sektor mikro akan kembali bergairah,” ucap dr. Rian melalui pesan singkat pada Sabtu (21/11/2020).  

Penyelenggaraan bantuan sosial tahap pertama dan kedua telah terealisasikan dengan baik serta telah dirasakan langsung oleh masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak COVID-19. Pada tahap pertama sebelumnya bantuan sosial telah disalurkan kepada 63.870 keluarga. Setelahnya, kurang lebih tercatat 112.429 keluarga telah menerima bantuan sosial pada tahap kedua. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan sosial tersebar di seluruh daerah Kalimantan Tengah.  

Di tahap selanjutnya yaitu tahap ketiga, Pemprov Kalimantan Tengah menargetkan sekitar 176.199 KPM sebagai penerima bantuan. Jumlah ini diperhitungkan dari jumlah penerima bantuan pada tahap pertama dan kedua yang akan kembali mendapatkan bantuan sosial ke-2 kali pada tahap ketiga ini. “Data Penerima Bansos Tahap 3 adalah sama dengan Data Penerima Bansos Tahap 1 dan Tahap 2. Sesuai dengan aturan, memang boleh diulang atau diberikan lebih dari 1 kali,“ ucap dr. Rian.  

“Bansos tahap ketiga akan disalurkan oleh Bank Kalteng mulai hari ini (21 November 2020) sampai tanggal 18 Desember 2020,” jelas dr. Rian. Dalam penyaluran bantuan sosial tahap ketiga ini, pihak Pemprov Kalimantan Tengah telah bekerja sama dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah (Bank Kalteng) yang telah memiliki cabang kantor di setiap kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Ini sangat membantu dalam memfasilitasi agar penerima bantuan sosial dapat menerima bantuan sosial tahap ketiga tersebut secara langsung. Hal ini juga untuk mengantisipasi agar tidak adanya penyalahgunaan bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak COVID-19.

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook