Dampak Kerusakan Lingkungan dan Penyebabnya

Kontribusi dari Rikah Mustika, 22 Mei 2018 10:13, Dibaca 10,726 kali.


Manusia sangat bergantung terhadap lingkungan. Lingkungan hidup merupakan sebuah kesatuan yang meliputi berbagai makhluk hidup beserta komponen yang ada di sekitarnya. Komponen tersebut berupa komponen fisik, kimia, sosial budaya, dll. Unsur-unsur lingkungan hidup terdiri dari:

1. Unsur Hayati (Biotik) adalah unsur lingkungan hidup yang di dalamnya terdapat makhluk hidup.

(Baca Juga : Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional)

2. Unsur Sosial Budaya adalah lingkungan sosial dan budaya yang diciptakan oleh manusia dalam berperilaku sebagai makhluk sosial, yang nilai dan normanya sudah diakui di masyarakat.

3. Unsur Fisik (Abiotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda mati sepeti tanah, udara, dll. Unsur ini memiliki peranan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Manusia sebagai salah satu makhluk hidup memiliki peranan penting dalam mengelola lingkungan hidup, apabila terjadi kerusakan lingkungan hidup maka akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan kehidupan manusia itu sendiri. Kerusakan lingkungan hidup dapat terjadi di darat, udara, maupun air. Faktor penyebabnya yaitu bisa dari faktor alam dan juga faktor manusia itu sendiri.

Salah satu kerusakan lingkungan hidup akibat alam yaitu terjadinya letusan gunung berapi, yang dapat menyebabkan hujan abu vulkanik, lava dan awan yang panas, menghasilkan gas beracun, serta material padat yang dapat menimpa perumahan. Sedangkan kerusakan lingkungan hidup akibat ulah manusia itu sendiri dapat menyebabkan pencemaran limbah industri, banjir, tanah longsor, dll.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup yaitu dengan menanam pohon atau penghijauan kembali terhadap tanah yang gundul, mengurangi emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon, melarang pemakaian bahan peledak untuk mencari ikan, dan tidak melakukan perburuan liar. (Rikah/net)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook