Plt. Kepala Dinas Kominfo Kalteng Menjadi Narasumber Dalam Webinar Strategi Peningkatan Daya Saing Lulusan Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 November 2020 10:04, Dibaca 52 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya- Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Agus Siswadi didaulat sebagai Narasumber dalam Webinar Strategi Peningkatan Daya Saing Lulusan Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0 yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Palangka Raya (UPR). Webinar diikuti Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng  secara virtual dari Gedung Smart Province (GSP) DiskominfoSantik Prov. Kalteng, Sabtu (21/11/2020).

Acara  tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa Suandi Sidauruk. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan Materi mengenai Keterampilan Vokasional, Life Skill dan Komunikasi.

(Baca Juga : Pesatnya Perkembangan Pariwisata di Kalteng Sejak Kepemimpinan Gubernur Sugianto)

Agus Siswadi menyampaikan di era Industri 4.0 tantangan bagi lulusan perguruan tinggi semakin meningkat. Ada 3 hal yang harus dihadapi di era Industri 4.0 yakni peluang, tantangan dan ancaman. 

Di era Industri 4.0 setiap orang harus mampu mencari peluang dan juga menciptakan peluang kerja. Oleh karena itu, setiap prang harus memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing secara global dari sisi kualitas SDM, penguasaan Teknologi dan memperluas Networking.

Selain itu, setiap orang juga harus membekali diri dengan keterampilan dan kemampuan, salah satunya kemampuan berkomunikasi. Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng menjelaskan komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Sementara, ilmu komunikasi adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti jurnalistik, penyiaran, hubungan masyarakat (public relation), komunikasi pemasaran, desain komunikasi visual, periklanan (advertising), performing arts communication dan lain-lain.

Terdapat 6 prosfek yang disampaikan yakni media, public relations, event organizer, sales, business analyst dan layanan konsumen.

Hadir secara khusus mengikuti Webinar yakni Dekan FKIP UPR Natalina Asi. Webinar ini juga menghadirkan Narasumber lainnya diantaranya Dosen Universitas Palangka Raya Slamet Winaryo yang menyampaikan materi tentang Dunia Kerja di Bidang Pendidikan, Founder Triptrus.com Brahmantya Sakti yang menyampaikan materi tentang Kewirausaan. Adapun Moderator dalam Webinar kali ini yakni Muhammad Nawir. (WDY/Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook