BUMP Hanya Untuk Tambah Modal Usaha Yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 22 Oktober 2020 11:08, Dibaca 160 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas  Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi (Distranokerkop) dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Sudin mengatakan insentif yang diterima pelaku usaha dari Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM untuk menambah modal usaha.

“Bantuan ini bertujuan untuk menambah modal bagi pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi Covid-19 di Indonesia,” kata Sudin di ruang kerjanya, Rabu (21/10/2020).

(Baca Juga : Kapolres Pulang Pisau : Polri Tidak Dapat Bekerja Sendiri Tanpa Bantuan Seluruh Lapisan Masyarakat)

Dia menjelaskan BPUM tersebut merupakan bantuan dari Presiden Republik Indonesia (RI) untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha mikro di tengah pandemi corona virus disease atau Covid-19. Adapun syarat mendapatkan bantuan yakni melampirkan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), nomor handphone, nomor rekening jika ada serta wajib memiliki usaha mikro yang omsetnya dibawah Rp 50 juta per tahun.

Bagi masyarkat yang sudah terdaftar, lanjut dia, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 2,4 juta. Dan dikirim langsung ke nomor rekening masing-masing penerima oleh Kementerian Koperasi dan UMKM RI. Dia menuturkan masyarakat yang sudah mendaftar belum tentu mendapatkan bantuan. Sebab, akan direkapitulasi serta dikirimkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM RI kemudian selanjutnya akan diverifikasi.

“Apabila masyarakat yang ingin mengetahui apakah lolos atau tidak mendapat bantuan tersebut, bisa mengecek melalui Website BRI-BPUM,” pungkasnya.

Dia berharap bantuan dari pemerintah pusat ini dapat mengurangi beban serta bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat atau pelaku usaha mikro untuk menjalan usahanya.

“Saya harap pelaku usaha yang menerima bantuan agar benar-benar menggunakan uangnya untuk menjalankan usaha, sehingga ke depannya semakin berkembang,” harapnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook